Daftar Komentar Tokoh tentang Pancasila Tidak Lekang oleh Waktu

Tim Okezone, Okezone · Selasa 01 Juni 2021 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 337 2417036 daftar-komentar-tokoh-tentang-pancasila-tidak-lekang-oleh-waktu-CR4NRdhrsr.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

JAKARTA – Hari lahir Pancasila diperingati tiap tanggal 1 Juni. Pancasila sendiri merupakan dasar bangsa dan negara.

Pada peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2021, Okezone merangkum sejumlah komentar para tokoh yang tak lekang oleh waktu, seperti berikut ini. 

“Legiun veteran dan purnawirawan TNI tadi menyampaikan usul-usul yang sifatnya konkret. Tetapi prinsipnya sama antara Presiden dan kita semua yang hadir bahwa Pancasila itu adalah ideologi yang sudah final,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menerima kunjungan para purnawirawan TNI/Polri dan veteran di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat 19 Juni 2020.

"Pancasila sudah terbukti selama ini mampu menjaga bangsa ini dalam menghadapi berbagai tantangan berat, baik dari dalam maupun luar. Dengan Pancasila, insyaallah, seluruh rakyat Indonesia bisa membawa bangsa ini lebih bagus lagi ke depan," kata Wakil Ketua MPR RI, Syariefuddin Hasan di Jakarta Sabtu, 27 Juni 2020.

"Pancasila sudah terbukti mampu menjaga kerukunan seluruh bangsa, sehingga tercipta integrasi nasional. Oleh karena itu, kita harus mampu menangkal berkembangnya paham-paham yang mengancam Pancasila dan persatuan nasional," ucap Wakil Presiden Ma'ruf Amin, acara BPIP, Kamis, 10 September 2020.

Baca Juga : Hari Lahir Pancasila, Menyelami Pemikiran Wahid Hasyim di Sila Pertama

“Tanpa Pancasila negara akan bubar. Pancasila adalah seperangkat asas dan ia akan selamanya. Dan Pancasila ini akan saya perjuangkan dengan nyawa saya. Tidak peduli apakah ia dikebiri oleh angkatan bersenjata atau dimanipulasi oleh sebagian umat islam,” ucap Presiden Ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid, dalam Buku “Percaturan Politik Indonesia” karya Douglas E. Remage. 2002

“Wawasan kebangsaan kita sudah selesai. Kita hari ini sudah merumuskan bahwa Pancasila adalah dasar ideologi yang tepat dan cocok untuk Indonesia,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud Md di Kota Bandung, Rabu (24/4/2019).

“Pancasila merupakan aset bangsa yang majemuk seperti Indonesia. Dengan aset ini kita gunakan untuk terus berkomitmen memperjuangkan semangat nasional dan berkontribusi pada dunia maka dunia akan mengapresiasi Indonesia,” ujar Menteri Luar Negeri R, Retno Marsudi saat menjadi pembicara kunci dalam Kongres Pancasila X di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (23/8/2018).

"Pancasila sebagai dasar negara memiliki nilai inti gotong royong yang sangat penting dalam perjuangan tantangan Covid-19. Mari kita laksanakan dan lestarikan untuk merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dalam akun Facebooknya, Senin (1/6/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini