3 Lembaga dengan Nama Pancasila, Pemuda Pancasila Paling Nge-Hits

Tim Okezone, Okezone · Selasa 01 Juni 2021 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 337 2417029 3-lembaga-dengan-nama-pancasila-pemuda-pancasila-paling-nge-hits-vsBz3CG5eo.jpg Ilustrasi (Foto : Istimewa)

SEBAGAI dasar negara, Pancasila kerap dijadikan nama suatu lembaga organinasi baik milik masyarakat atau pemerintah.

Penamaan Pancasila, di antaranya disematlkan pada universitas, LSM, hingga lembaga pemerintahan. Berikut 3 nama lembaga yang menggunakan Pancasila di dalamnya:

1. Universitas Pancasila

Universitas Pancasila merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Universitas Pancasila atau yang lebih dikenal dengan UP ini didirikan pada 28 Oktober 1966. UP merupakan penggabungan dari Universitas Pancasila (lama) yang didirikan pada tahun 1963 dan Universitas Bung Karno.

Pancasila yang dijadikan nama universitas ini tidak sekadar sebagai tanda pengenal dan pembeda dari universitas lainnya. Namun mempunyai arti yang hakiki, sesuai dengan misi yang diemban Universitas Pancasila, yaitu “Memberikan peranan positif dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pengembangan masyarakat ber-Pancasila seperti yang dicita-citakan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.”

Kampus utama UP terletak di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sedangkan kampus pasca-sarjana terletak di Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat. UP mempunyai jenjang pendidikan D3-S3 dengan berbagai jurusan seperti akuntansi, perpajakan, farmasi, teknik elektro, teknik mesin, dll.

2. Pemuda Pancasila

Pemuda Pancasila didirikan pada 28 Oktober 1959 oleh Abdul Haris Nasution. Tujuan awal pembentukan Pemuda Pancasila adalah untuk menghadapi dominasi Pemuda Rakyat, organisasi sayap di bawah Partai Komunis Indonesia (PKI). Organisasi Pemuda Pancasila berhasil melewati tiga masa sistem pemerintahan, yakni era Orde Lama, era Orde Baru, dan kini era Orde Reformasi. Sejak 1981, Pemuda Pancasila dipimpin oleh Japto Soerjosoemarno.

Pemuda Pancasila memiliki semboyan “Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang”.

Pada 2001, Pemuda Pancasila tidak lagi berbentuk OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemuda) namun berubah menjadi Ormas yang bebas dari segala bentuk permainan politik praktis. Arah kegiatan Pemuda Pancasila lebih dititikberatkan untuk bergerak di sektor kegiatan sosial kemasyarakatan yang secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat hingga ke tingkat basis.

3. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)

Dalam rangka aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pemerintah Republik Indonesia memandang perlu dilakukan pembinaan ideologi Pancasila. Pada 19 Mei 2017, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

BPIP lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila. BPIP dipimpin oleh Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D. Dan Ketua Dewan Pengarah adalah Dr.(H.C.) Hj. Megawati Soekarnoputri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini