Komnas HAM Panggil Pimpinan KPK Pekan Depan Terkait Polemik TWK

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 28 Mei 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 337 2416756 komnas-ham-panggil-pimpinan-kpk-pekan-depan-terkait-polemik-twk-Bh4zOXIGh1.jpg Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung. (Foto : Okezone/Fahreza Rizky)

JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menjadwalkan pemanggilan terhadap para pimpinan KPK, termasuk Firli Bahuri pekan depan. Pemanggilan itu terkait tes wawasan kebangsaan (TWK) diduga melanggar HAM.

"Paling cepat minggu depan. Kami akan meminta keterangan dari pimpinan KPK, sehingga semakin cepat semakin baik," kata Komisioner Beka Ulung Hapsara di kantornya, Jumat (28/5/2021).

Dia menuturkan, pemanggilan pimpinan KPK dijadwalkan pekan depan lantaran Komnas HAM tak ingin sengkarut ihwal TWK berlangsung terlalu lama.

"Sehingga Komnas HAM berkomitmen mempercepat proses dan meminta keterangan seluruh pihak yang terkait TWK dari staf KPK yang ada," tuturnya.

Dia menjelaskan, adanya informasi-informasi awal adanya kejanggalan TWK pihaknya belum bisa mendetilkan. Menurutnya, hal itu harus menunggu hasil investigasi yang tengah disusun Komnas HAM.

Baca Juga : Novel Baswedan Diperiksa Komnas HAM soal Pemecatan 51 Pegawai KPK

"Soal kejanggalan-kejnggalan ini kan baru indikasi awal. Kita belum bisa memastikan itu kejanggalan seperti apa. Nanti kesimpulannya akan disampaikan. Tapi, ini baru menelisik yang selama ini ramai," ucapnya.

Baca Juga : Periksa Novel Baswedan, Komnas HAM Dalami soal Substansi TWK

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini