Novel Baswedan Diperiksa Komnas HAM soal Pemecatan 51 Pegawai KPK

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 28 Mei 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 337 2416722 novel-baswedan-diperiksa-komnas-ham-soal-pemecatan-51-pegawai-kpk-KuJECrJVJH.jpg Novel Baswedan (Okezone)

JAKARTA - Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan diperiksa tim investigasi dari Komnas HAM pada hari ini, Jumat (28/5/2021). Novel digali keterangannya terkait rangkaian proses pemberhentian 51 pegawai KPK buntut dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

"Benar pada hari ini beberapa pegawai KPK diperiksa Komnas HAM untuk kesaksian dalam rangka membongkar kejadian yang terjadi dalam proses tes wawasan kebangsaan yang disinyalir digunakan sebagai cara untuk menyingkirkan 51 orang setidaknya sampai saat ini yang akan diberhentikan pada November nanti," kata Ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo Harahap melalui pesan singkatnya, Jumat (28/5/2021).

Tak hanya Novel Baswedan, sejumlah Kasatgas penyidik lainnya dimintai keterangannya pada hari ini. Kata Yudi, Komnas HAM juga sudah membuat daftar pihak-pihak terkait yang akan dimintai keterangannya pada pekan depan.

Baca Juga : KPK Akan Lapor Presiden Jokowi soal Keputusan Final 75 Pegawai

"Minggu depan juga sudah dibuatkan jadwal siapa saja yang akan bersaksi di dalam pemeriksaan dan ataupun investigasi Komnas HAM ini," ujar Yudi.

"Untuk masalah siapa saksi-saksinya, itu merupakan kewenangan Komnas HAM. Namun, kami patuh kepada Komnas HAM dan bersedia hadir untuk dipanggil. Saya sendiri akan diperiksa pada Senin minggu depan," katanya.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 51 dari 75 pegawai KPK yang tidak lulus TWK bakal diberhentikan atau dipecat pada 1 November 2021. Sedangkan 24 pegawai lainnya masih bisa dilakukan pembinaan dengan syarat harus mengikuti pendidikan bela negara dan kembali dilakukan tes wawasan kebangsaan.

Baca Juga : 51 Pegawai Diberhentikan, Moeldoko: Itu Kewenangan KPK

Keputusan tersebut diambil saat rakor bersama antara pimpinan KPK, Kepala BKN, Menpan RB, dan Menkumham, pada Selasa, 25 Mei 2021. Sejauh ini, belum diketahui siapa saja 51 pegawai KPK yang dinyatakan dipecat dari lembaga antirasuah. Pun demikian 24 pegawai yang dinyatakan bisa dibina kembali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini