Share

Hari Lahir Pancasila, M Yamin Putuskan Hubungan Tradisi Indonesia dengan Majapahit-Sriwijaya

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 28 Mei 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 337 2416222 hari-lahir-pancasila-m-yamin-putuskan-hubungan-tradisi-indonesia-dengan-majapahit-sriwijaya-DiDpgH6s80.jpg Mohammad Yamin. (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni 2021. Ada banyak tokoh yang membidani kelahiran Pancasila. Salah satunya adalah Mohamad Yamin.

M Yamin merupakan negarawan sekaligus pejuang kemerdekaan. "Indonesia merdeka sekarang," itu adalah seruan yang diteriakkan Mohammad Yamin pada Kongres II Partai Indonesia (Partindo), 23 April 1933. Demikian dilansir dari buku 100 Tokoh yang Mengubah Indonesia, Penerbit Narasi.

BACA JUGA: Posisi M Yamin dalam Sejarah Indonesia

Yamin yang merupakan kelahiran Sawahlunto, Sumatera Barat, 23 Agustus 1903, memang cukup lincah bermain di atas panggung politik dan dia adalah salah satu founding fathers yang membentuk Indonesia seperti sekarang.

Saat Jepang menggantikan Belanda, Yamin duduk sebagai salah satu seorang anggota BPUPKL. Di sinilah ia menggondok konsep-konsep asas dan dasar Negara Republik Indonesia: Isinya tak jauh dari bunyi Pancasila yang kita kenaI sekarang: Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat.

BACA JUGA: Posisi M Yamin dalam Sejarah Indonesia (2)

Dalam sidang BPUPKI, 29 Mei 1945 itu, Yamin menegaskan bahwa negara baru yang akan dihentuk adalah negara Kebangsaan Indonesia, Intinya, negara baru itu harus berdasarkan pada sebuah nasionalisme baru, bukan nasionalisme negara Sriwijaya atau Majapahit. Tradisi kerajaan Sriwijaya atau Majapahit dengan Republik Indonesia telah terputus.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini