Puluhan Simpatisan Habib Rizieq Diamankan, Kuasa Hukum: Kami Tak Pernah Ngundang

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Kamis 27 Mei 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 337 2416181 puluhan-simpatisan-habib-rizieq-diamankan-kuasa-hukum-kami-tak-pernah-ngundang-9mpuPxbgPO.jpg Sidang Habib Rizieq di PN Jakarta Timur (foto: Dok MNC Portal)

JAKARTA - Pihak kepolisian telah mengamankan 32 orang diduga simpatisan Habib Rizieq Shihab (HRS) yang datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Rabu (26/5) malam dan Kamis (27/6) siang ini.

Menanggapi itu, Kuasa Hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar menyebut bahwa pihaknya tidak pernah mengundang secara resmi kepada para simpatisan untuk datang lasngsung ke PN Jakarta Timur.

Baca juga:  Habib Rizieq: RS UMMI Sudah Kooperatif, Satgas Covid-19 Lebay!

Azis menjelaskan, bahwa untuk saat ini simpatisan bisa menyaksikan sidang HRS melalui streaming di beberapa platform media.

"Saya enggak pernah mengundang. Kan kita tahu sudah ada streaming kan kita tahu juga sudah ada dukungan dari aparat keamanan menurut (kami) sudah cukup. Kami tidak pernah mengundang," kata Aziz kepada wartawan di PN Jakarta Timur, Kamis (27/5/2021).

Baca juga:  Ngotot ke PN Jaktim, 11 Simpatisan Habib Rizieq Diamankan Polisi

Aziz pun belum mengetahui diamankannya puluhan yang diduga simpatisan HRS itu. Dirinya meyakini puluhan simpatisan datang untuk memberikan dukungan kepada HRS.

"Ya saya enggak tau ya diamankannya kenapa, jadi saya belum bisa kasih tanggapan. Tapi kan mereka datang mungkin karena memang ingin memberikan dukungan lah seperti itu. Kalau kenapanya saya enggak tau, saya denger sih tapi saya enggak tau diamaninnya kenapa," jelasnya.

Terkait adanya satu orang anggota FPI dari puluhan orang yang diamankan itu, kata Aziz, dirinya belum bisa memastikan. Dirinya hanya menegaskan bahwa FPI sudah dibubarkan.

"FPI kan sudah dibubarkan. Eks FPI mungkin ya saya enggak tau," ungkapnya.

Sebelumnya, pada Rabu (26/5/2021) malam, aparat kepolisian Polres Metro Jakarta Timur mengamankan sebanyak 21 simpatisan Rizieq Shihab. Mereka yang diamankan terdiri dari enam orang dewasa dan 15 orang anak-anak di bawah umur.

Lalu pada Kamis (27/5) siangnya, Polisi kembali mengamankan 11 orang diduga simpatisan HRS yang datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (27/5/2021) siang.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, mereka yang diamankan datang dari luar Jakarta. Petugas sudah mencoba memperingati, namun 11 orang diduga simpatisan tetap berkumpul dan enggan meninggalkan area PN Jakarta Timur.

"Siang hari ini ada 11 orang dan itu dari Bogor. Kami amankan karena diingatkan untuk meninggalkan lokasi terkait protokol kesehatan masih saja berkumpul, kita periksa motifnya apa sehingga kita bisa pastikan," kata Erwin Kurniawan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Setelah interogasi, lanjut dia, salah satu diduga simpatisan HRS ini ada yang merupakan mantan pengurus FPI yang saat ini sudah dilarang. Untuk mengetahui motif kedatangannya aparat membawa 11 orang untuk diperiksa.

"Satunya mantan pengurus FPI di Banten, kita coba interogasi terkait motifnya dan tentu ini baru saja bawa dan nanti akan dilanjutkan pemeriksaan dan pendalaman," ujarnya.

Dikatakan Erwin, saat digeledah, pihaknya tidak menemukan atribut FPI dan benda berbahaya dari para terduga simpatisan HRS yang berasal dari luar Jakarta itu.

"Tidak bawa atribut, tapi tentu membawa massa simpatisan yang lain. Kita coba dalami untuk permasalahan ini," tuturnya. (awl) 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini