Peristiwa 27 Mei: Lumpur Lapindo Genangi Sidoarjo hingga Gempa Yogyakarta

Tim Okezone, Okezone · Kamis 27 Mei 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 337 2415982 peristiwa-27-mei-lumpur-lapindo-genangi-sidoarjo-hingga-gempa-yogyakarta-BeHamg6aAB.jpg Lumpur Lapindo (foto: Dok Antara)

JAKARTA - Sejumlah peristiwa terjadi pada 27 Mei dari tahun ke tahun. Beberapa peristiwa diantaranya masuk ke dalam catatan dunia. Salah satunya, yakni, gempa bumi di Yogyakarta yang menewaskan ribuan jiwa, hingga munculnya Lumpur Lapindo yang menggenangi tiga Kecamatan di Sidoarjo, Jawa Timur.

Berikut ulasan singkat sejumlah peristiwa mendunia yang diringkas Okezone merujuk dari berbagai sumber :

1. Kota Santo Petersburg Didirikan

 

Tsar Peter yang Agung mendirikan Kota Santo Petersburg pada 27 Mei 1703. Santo Petersburg merupakan nama sebuah kota di Federasi Rusia. Saat ini, Santo Petersburg jadi pusat pemerintahan Oblast Leningrad.

Santo Petersburg merupakan sebuah kota pelabuhan yang terletak di tepi Sungai Neva dan Teluk Finskiy. Pusat Kota Santo Petersburg masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO.

2. Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul

27 Mei dijadikan sebagai hari jadi Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY Yogyakarta. Kabupaten Gunungkidul resmi berdiri pada 27 Mei 1831 setelah berhasil mengungkap fakta sejarah, penelitian, serta pengumpulan data dari tokoh masyarakat.

Hari jadi Gunungkidul diperkuat lewat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Gunungkidul Nomor 70/188.45/6/1985 yang ditandatangani oleh Bupati pertama Gunungkidul Drs KRT Sosro Hadinungrat pada 14 Juni 1985.

3. Jembatan Golden Gate Dibuka

Jembatan Golden Gate merupakan sebuah jembatan gantung yang menghubungkan Kota San Fransisco, California, Amerika Serikat, dengan Kabupaten Marin. Jembatan ini resmi dibuka untuk umum pada 27 Mei 1937.

 Jembatan Golden Gate

Jembatan yang melintasi Teluk San Fransisco ini merupakan buah pemikiran Joseph Strauss. Jembatan ini tercatat memiliki panjang 2.727 meter dengan ketinggian 230 meter di atas permukaan air. Jembatan ini menjadi salah satu ikon di San Fransisco.

4. Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru Meninggal saat Menjabat

Perdana Menteri sekaligus negarawan di India, Jawaharlal Nehru meninggal tepat pada 27 Mei 1964 di usia 74 tahun. Ia meninggal saat masih menjabat sebagai perdana menteri.

Jawaharlal Nehru tercatat memiliki banyak peran di India. Ia tercatat sebagai tokoh terkemuka dalam kemerdekaan India. Ia juga merupakan tokoh penting dalam politik internasional di era pasca-perang.

5. Gempa Guncang Yogyakarta, Ribuan Orang Meninggal

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,9 mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 27 Mei 2006 sekira pukul 05.55 WIB. Getaran gempa dilaporkan terasa selama 57 detik. Sementara United States Geological Survey melaporkan bahwa gempa tersebut berkekuatan 6,2.

Gempa tersebut mengakibatkan 6.234 orang tewas. Tak hanya itu, sejumlah bangunan mulai dari pusat perbelanjaan, Gelanggang Olah Raga (GOR), hingga kampus rusak parah. Situs kuno dan lokasi wisata yang ada di Yogyakarta juga ikut mengalami kerusakan.

 Ilustrasi gempa

Gempa susulan sempat terjadi beberapa kali setelah gempa besar. Gempa ini tercatat sebagai yang terparah di Indonesia. Penyebab gempa sendiri dilaporkan karena letak Indonesia yang berada di antara tiga lempeng utama dunia yakni, lempeng Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

6. Lumpur Lapindo menggenangi Sidoarjo

Banjir lumpur panas Sidoarjo, juga dikenal dengan sebutan Lumpur Lapindo (Lula) atau Lumpur Sidoarjo (Lusi), adalah peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc. di Dusun Balongnongo Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia, sejak Mei 2006.

Semburan lumpur panas selama beberapa bulan ini menyebabkan tergenangnya kawasan permukiman, pertanian, dan perindustrian di tiga kecamatan di sekitarnya, serta memengaruhi aktivitas perekonomian di Jawa Timur.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini