Viral Gerhana Bulan Total Abal-Abal, dari Ember hingga Telor Ceplok

Tim Okezone, Okezone · Rabu 26 Mei 2021 22:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 337 2415928 viral-gerhana-bulan-total-abal-abal-dari-ember-hingga-telor-ceplok-C12BHNFjtr.jpg Viral gerhana bulan total abal-abal (Foto: Media sosial)

JAKARTA - Banyak masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon yang terjadi pada Rabu (26/5/2021) malam. Di tengah euforia, ada-ada saja kreativitas warganet yang membuat gerhana bulan abal-abal.

Berbagai gambar viral bertebaran di media sosial, ada yang membuat gerhana bulan dengan gambar telor ceplok. Dalam gambar tersebut, telor ceplok dibuat seolah-olah sedang berada di langit.

Baca Juga:  Penampakan Gerhana Bulan Total di Berbagai Daerah, dari Denpasar hingga Pamekasan

Lain dari itu, ada juga yang menggunakan ember berwarna oranye. Seolah-olah ingin menyamakan dengan penampakan gerhana bulan total.

Gerhana abal-abal 

Gerhana Bulan Total hanya terjadi 195 tahun sekali. Di wilayah Barat Indonesia, fenomena alam ini bisa disaksikan di langit Indonesia tanpa alat bantu optik. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, puncak gerhana dapat disaksikan tanpa alat bantu optik.

Fenomena menakjubkan terjadi malam ini berlangsung selama sekitar 15 menit. Gerhana Bulan Total terjadi pukul 18.26 WIB. Penampakan bulan berwarna merah dan lebih besar tersaji di langit.

Baca Juga:  Foto-Foto Menakjubkan Super Blood Moon dari Lensa Teleskop BMKG

Berdasarkan pantauan dari siaran langsung pantauan Stasiun Bumi Panginderaan Jauh Pare-Pare, bulan tampak berwarna merah.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini