Share

3 Keistimewaan Gerhana Bulan Total Malam Ini, Sangat Langka Terjadi!

Tim Okezone, Okezone · Rabu 26 Mei 2021 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 337 2415849 3-keistimewaan-gerhana-bulan-total-malam-ini-sangat-langka-terjadi-p4EvBd5qUO.jpeg Gerhana Bulan Total. (Foto: Wirestock/Freepik)

JAKARTA - Gerhana Bulan Total akan berlangsung malam ini, Rabu (26/5/2021). Peristiwa ini sangat langka karena hanya terjadi 195 tahun sekali.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, puncak gerhana dapat disaksikan tanpa alat bantu optik pada pukul 18.46 WIB di wilayah barat Indonesia. Pukul 19.46 WITA di wilayah tengah Indonesia dan pukul 20.46 WIT di wilayah Timur Indonesia.

Fenomena Blood Moon hanya terjadi ketika fase bulan penuh dan mengalami Gerhana Bulan Total. Bulan akan tampak berwarna merah dan akan semakin merah bergantung dengan ketebalan partikel di atmosfer bumi yang ditembus cahaya itu seperti polusi udara atau tutupan awan. 

Lantas, apa saja keistimewaah gerhana bulan malam ini?

1. Berlangsung 5 Jam

Berdasarkan informasi dari @infoastronomy, keistimewaan gerhana bulan total ini adalah berlangsung selama lima jam. Fenemona ini dihitung ketika bulan pertama kali masuk ke bayangan penumbra bumi atau bayangan terang bumi. 

Baca juga: Gerhana Bulan Total Ternyata Bertepatan dengan Fenomena Perige, Ini Penjelasannya

Gerhana bulan berakhir ketika bulan meninggalkan bayangan penumbra. Total durasinya adalah 5 jam.

2. Bertepatan dengan Perigee Bulan

Perigee adalah jarak terdekat bulan dari bumi dalam orbitnya yang lonjong. Istimewanya, gerhana bulan 26 Mei bertepatan dengan perigee bulan untuk tahun 2021 yakni 357.462 Km dari bumi. 

Hasilnya, bulan malam ini akan 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang.

3. Terlihat di Seluruh Sisi Malam Planet Bumi

Masih dari @infoastronomy, gerhana bulan total disebutkan bisa disaksikan di seluruh area malam saat waktu gerhana berlangsung. Hal ini berbeda dari gerhana matahari total yang memiliki jalur gerhana.

Baca juga: Jangan Terlewat! Gerhana Bulan Total Mulai Terlihat di Jakarta Pukul 18.09 WIB

Gerhana bulan total 26 Mei 2021 akan terlihat dari area barat Amerika Utara, selatan dan barat Amerika Selatan. Selanjutnya bagian timur China, Semenanjung Korea, Jepang, Selandia Baru, Australia, dan Asia Tenggara. 

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini