Share

Gerhana Bulan Total Ternyata Bertepatan dengan Fenomena Perige, Ini Penjelasannya

Tim Okezone, Okezone · Rabu 26 Mei 2021 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 337 2415848 gerhana-bulan-total-ternyata-bertepatan-dengan-fenomena-perige-ini-penjelasannya-v0bCTsghbD.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA – Gerhana bulan total (GBT) atau Super-Blood Moon yang akan terjadi pada 26 Mei 2021 selain merupakan momen langka ternyata juga sebuah fenomena spesial. Pasalnya, pada saat itu, bulan tengah berada di jarak terdekatnya dengan bumi.

BACA JUGA: Jangan Terlewat! Gerhana Bulan Total Mulai Terlihat di Jakarta Pukul 18.09 WIB

Menurut penjelasan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional RI (BRIN) fenomena jarak terdekat antara bumi dan bulan inilah yang disebut dengan Perige dan pada saat itu lebar sudut bulan lebih besar 13,77 persen dibandingkan pada saat berada di titik terjauh (apoge). Kecerlangan bulan akan terlihat 15,6 % lebih terang dibandingkan rata-rata dan 29,1 persen lebih terang dibandingkan saat apoge.

Selama Super-Blood Moon bulan akan tampak berwarna merah karena pembiasan cahaya matahari oleh lapisan atmosfer bumi.

BACA JUGA: Malam Ini, Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat Tanpa Alat Bantu Optik, Terjadi 195 Tahun Sekali

Fenomena GBT Super-Blood Moon ini akan dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia dari arah timur-tenggara tanpa menggunakan alat bantub optik apa pun. Namun, Anda sebaiknya bergegas karena fase total GBT ini berlangsung cukup singkat, hanya 14 menit 30 detik.

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini