Share

Ancaman KBB Meningkat, Polri Beri Perhatian Khusus Pada 4 Kabupaten di Papua

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 26 Mei 2021 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 337 2415832 ancaman-kbb-meningkat-polri-beri-perhatian-khusus-pada-4-kabupaten-di-papua-Xhtp4jVzh1.jpg Foto: dok.

JAKARTA – Polri menyatakan memberikan atensi khusus kepada empat kabupaten di Papua terkait ancaman kelompok teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Keempat kabupaten yang dimaksud adalah Kabupaten Intan Jaya, Mimika, Puncak, dan Nduga yang mengalami eskalasi ancaman keamanan oleh KKB akhir-akhir ini.

"Saya mau sampaikan secara umum kami mendapatkan briefing data dari Kapolda Papua sampai dengan hari ini Papua masih dalam keadaan aman dan kondusif, beberapa wilayah yang jadi atensi kita ada empat, Kabupaten Intan Jaya, Mimika, Puncak Ilaga dan Nduga, ini yang masih ada aksi kelompok bersenjata," kata Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Paulus Waterpauw dalam tayangan video di Youtube Kemenkominfo TV, Rabu (26/5/2021).

BACA JUGA: Ini Identitas Anggota KKB Tewas dalam Baku Tembak di Ilaga Papua

Beberapa waktu lalu, serangan KKB di keempat kabupaten Papua tersebut menyebabkan korban di pihak aparat. Menurut Paulus, hal inilah yang menjadi atensi Polri dan TNI khususnya dalam menangani aksi kekerasan yang dilakukan KKB.

Sebelumnya, Satgas Operasi Nemangkawi menangkap LW, seorang anggota Terinus Enumbi di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Minggu 23 Mei 2021. LW ditangkap karena sebelumnya telah masuk Dalam Pencarian Orang (DPO) Kepolisian.

BACA JUGA: 3 Teroris KKB Pimpinan Lekagak Telenggen Menyerahkan Diri

LW merupakan salah satu penyuplai senjata kelompok Terinus Enumbi, pelaku penembakan Almarhum Letda Blegur pada Agustus 2018 lalu. Di samping itu, dia juga pelaku perampasan senjata api milik seorang prajurit TNI yang kala itu sedang membawa sembako, pada Februari 2020 lalu.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini