Praperadilan Ditolak, RJ Lino Hormati Putusan Hakim Meski Kecewa

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 25 Mei 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 337 2415474 praperadilan-ditolak-rj-lino-hormati-putusan-hakim-meski-kecewa-4GIdFynPR9.jpg RJ Lino (Foto: Antara)

JAKARTA - Mantan Direktur Utama PT Pelindo II Richard Joost Lino alias RJ Lino, melalui kuasa hukumnya, Agus Dwiwarsono mengaku kecewa dengan hakim tunggal, Morgan Simanjuntak. Di mana, Morgan menolak gugatan praperadilan dalam persidangan Selasa 25 Mei 2021 sore.

"Kami sampaikan kekecewaan terhadap putusan hakim, tapi kami menghormati sebagai sebuah putusan," ujarnya usai persidangan, Selasa (25/5/2021).

Baca Juga: Gugatan Praperadilan RJ Lino Ditolak!

Menurutnya, kubu RJ Lino kecewa karena dalam pertimbangannya, hakim tak melihat tentang Pasal 5 Undang-Undang KPK, yang mana KPK dalam menjalankan tugasnya itu harusnya berpedoman pada asas kepastian hukum dan penghormatan hak asasi manusia (HAM). Bahkan, hakim juga tak mempertimbangkan putusan MK Nomor 70 Tahun 2019 menyangkut dengan nalar yang wajar.

"Dua tahun itu waktu yang cukup untuk KPK melakukan proses penyidikan, tuntutan, hingga dilimpahkan ke pengadilan. Sederhana fakta hukumnya dan terbukti di persidangan sampai dengan hari ini pembacaan putusan itu lebih dari lima tahun, artinya melewati 2 tahun sebagaimana bunyi Pasal 40 Ayat (1) Undang-Undang (KPK) Nomor 19 Tahun 2019," katanya.

Baca Juga:  KPK Serahkan 56 Bukti Hadapi RJ Lino di Sidang Praperadilan

Sekali lagi, tambah Agus, dia menilai putusan hakim tersebut aneh lantaran tak disinggung sama sekali terkait kewenangan KPK. Padahal, dalam aturan itu jelas berbicara tidak hanya pada persoalan bukti permulaan saja, begitu juga dengan batas waktu.

"Meski menjadi hal yang aneh (putusan hakim itu), tetap kami hormatinya," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini