Gugatan Praperadilan RJ Lino Ditolak!

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 25 Mei 2021 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 337 2415449 gugatan-praperadilan-rj-lino-ditolak-un5gXIC3IY.jpg Sidang praperadilan RJ Lino di PN Jakarta Selatan (Foto: Ari Sandita)

JAKARTA - Gugatan praperadilan mantan Direktur Utama PT Pelindo II Richard Joost Lino alias RJ Lino ditolak hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Morgan Simanjuntak. Sidang putusan digelar di PN Jakarta Selatan, Selasa (25/5/2021) sore.

Sidang yang terdaftar di PN Jakarta Selatan bernomor 43/Pid.Pra/2021/PN JKT.SEL itu digelar di ruang sidang utama PN Jakarta Selatan, dipimpin Hakim Tunggal, dihadiri kubu pengacara RJ Lino selaku Pemohon dan kubu KPK selaku Termohon. Putusan gugatan itu dibacakan oleh hakim tunggal di hadapan para pihak.

"Mengadili, menolak permohonan praperadilan secara keseluruhan," ujar Hakim Tunggal, Morgan Simanjuntak dalam persidangan.

Baca Juga:  Putusan Praperadilan RJ Lino Dibacakan Hari Ini

Ada sejumlah dasar pertimbangan mengapa praperadilan yang diajukan RJ Lino itu ditolak, yakni proses penyidikan kasus yang menjerat RJ Lino itu diketahui RJ Lino sudah berstatus tersangka sejak 2015 dalam dugaan korupsi proyek pengadaan tiga unit Quay Container Crane (QCC) di PT Pelindo II. Adapun penyidikan yang dilakukan KPK telah sesuai prosedur.

Selain itu, hakim juga menolak dalil pemohon yang menyatakan penyidikan sudah lewat batas waktu. "Maka pengadilan berpendapat, penyidikan perkara ini hingga dilakukan penahanan terhadap termohon adalah sah. Maka, permohonan praperadilan harus diputus pada Selasa 25 Mei 2021," kata Morgan.

Baca Juga: KPK Serahkan 56 Bukti Hadapi RJ Lino di Sidang Praperadilan

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini