Presiden Jokowi Ingin Kepala BNPB Baru Pakai Jurus Doni Monardo dalam Tangani Bencana

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 25 Mei 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 337 2415424 presiden-jokowi-ingin-kepala-bnpb-baru-pakai-jurus-doni-monardo-dalam-tangani-bencana-s1xNK5Kq5g.jpg Presiden Joko Widodo (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito mengatakan, Presiden Joko Widodo memberi pesan khusus kepada dirinya terkait penanganan bencana.

Pesan khusus tersebut diberikan pada saat Ganip dan eks Kepala BNPB Doni Monardo bertemu Jokowi. Ganip sendiri dilantik di Istana Negara, Jakarta, pada hari ini.

"Untuk menjabat Kepala BNPB saya katakan tidaklah ringan, apalagi tadi Presiden memberikan perintah kepada saya di depan Pak Doni, supaya jurus-jurus yang dipakai Pak Doni itu diserahterimakan dan dilanjutkan. Itu bahasa Pak Presiden. Jurus-jurus," kata Ganip dalam acara serah terima jabatan Kepala BNPB, Selasa (25/5/2021).

Baca juga:  Cerita Doni Monardo Indonesia Rugi Rp22 Triliun per Tahun Gegara Bencana

Jokowi, lanjut Ganip, berpesan kepada dirinya untuk tetap menegakkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro untuk memutus mata rantai penularan virus corona. Pasalnya metode ini dinilai cukup ampuh untuk menekan laju penularan.

"Presiden memberikan arahan konidisi covid merangkak naik kunci utamanya pelaksanaan PPKM Mkro diperketat, 3M dan 3T dilaksanakan konsisten dan penuh disiplin. Ini yang saya pegang awal. Saya mohon mssukan untuk bisa lanjutkan karya luar biasa yang sudah ditinggalkan Pak Doni," jelasnya.

Baca juga: Pensiun, Doni Monardo: Malam Ini Adalah "Malam Pertama" Bersama Istri

Sebagaimana diketahui, Letjen TNI Ganip Warsito dilantik menjadi Kepala BNPB menggantikan Letjen TNI Doni Monardo yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2021.

Sebelum didapuk menjadi Kepala BNPB, Ganip baru menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI selama tiga bulan lebih usai dilantik Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada 1 Februari 2021 lalu.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986 ini berpengalaman di bidang infanteri. Dia pernah menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka, Asops Panglima TNI, dan Pangkogabwilhan III.

Serupa dengan Ganip, Doni juga berpengalaman di bidang infanteri. Ia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1985. Ia pernah menjabat Dandenma Paspampres, Danjen Kopassus, Pangdam XVI/Pattimura, Pangdam III/Siliwangi, Sesjen Wantannas, hingga akhirnya didapuk sebagai Kepala BNPB.

Sebagai Kepala BNPB, Doni juga mengetuai Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Ia mulai terlibat aktif dalam penanganan wabah ini sejak awal merebak di Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini