24 dari 75 Pegawai KPK yang Tak Lolos TWK Akan Ikut Diklat Bela Negara

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 25 Mei 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 337 2415359 24-dari-75-pegawai-kpk-yang-tak-lolos-twk-akan-ikut-diklat-bela-negara-NLZAJBBmG8.jpg Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyebut, sebanyak 24 pegawai dari 75 yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) akan mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) bela negara.

"Dari hasil pemetaan asesor, kita sepakati dari 75 ada 24 pegawai yang masih dimungkinkan untuk dilakukan pembinaan sebelum diangkat jadi ASN. Terhadap 24 (pegawai) tadi, nanti akan mengikuti pelatihan bela negara dan wawasan kebangsaan," tutur Alex saat jumpa pers di aula gedung BKN, Jakarta Timur, Selasa (25/5/2021).

Baca Juga:  Menpan-RB, Kepala BKN, dan Pimpinan KPK Rapat Bahas 75 Pegawai Tak Lolos TWK

Alex menjelaskan pihaknya akan bekerjasama dengan berbagai instansi terkait. Pembinaan terhadap 24 pegawai KPK itu sendiri akan dilakukan sekitar Juli 2021.

"Kita akan bekerjasama dengan Kemenkumham, BKN, LAN, dan lain sebagainya. Untuk 24 orang nanti, saya kira bulan Juli akan dilakukan pembinaan. Kemudian bila yang bersangkutan memenuhi syarat akan diangkat menjadi ASN, kalau tidak ya enggak bisa," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan ada beberapa aspek indikator yang menjadi dinilai oleh asesor.

"Di antaranya aspek pribadi ada 6, aspek pengaruh ada 7, dan aspek Pancasila, Undang-Undang, NKRI, serta pemerintahan yang sah," terangnya.

Baca Juga:  Soal 75 Pegawai KPK, Jokowi Minta Pimpinan KPK, Menpan-RB dan Kepala BKN Rancang Solusi

Sebagaimana diketahui, MenPANRB bersama segenap pimpinan KPK dan kepala BKN melakukan rapat koordinasi terkait 75 pegawai yang tidak lolos tes TWK. Rapat diketahui dimulai pukul 09.00 WIB hingga 13.30 WIB. (ari) 

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini