BNPB Kenang Kepemimpinan 'Catur Muka' Doni Monardo

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 25 Mei 2021 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 337 2415292 bnpb-kenang-kepemimpinan-catur-muka-doni-monardo-CrPFF0ESuU.jfif Doni Monardo (Foto : BNPB)

JAKARTA - Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Lilik Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada Letjen TNI Doni Monardo, yang telah memimpin institusi tersebut. Banyak keteladanan yang diberikan oleh Mantan Danjen Kopassus itu selama memimpin BNPB.

"Karya Pak Doni dalam pelayanan publik penanggulangan bencana sudah dirasakan masyarakat," kata Lilik di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Selasa (25/5/2021).

Baca juga:  Doni Monardo: BNPB Ibarat Kopassus, Nyaris Tidak Istirahat

Lilik berharap Doni Monardo dapat terus menjalin komunikasi dan memberikan arahan kepada insan BNPB. Menurut Lilik, selama memimpin BNPB, Doni Monardo telah memberikan keteladanan 'catur muka.'

"Pertama, kami diberikan pelajaran bagaimana pemimpin adalah yang memimpin kita di depan, memberi contoh kepada kita memberi arahan dan kadang memarahi kita. Kedua, pemimpin sebagai bapak. Kami merasa Pak Doni sebagai bapak, orang tua kami yang selalu mengingatkan kalau kami plintat plintut, Pak Doni ingatkan kami," tuturnya.

Baca juga:  Lantik Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB, Presiden Jokowi: Selamat Bekerja!

Ketiga, sebagai pemimpin, Doni Monardo juga selalu mengenalkan hal-hal baru kepada anak buahnya. Misalnya saja pengetahuan Doni soal pohon yang diberikannya kepada jajaran BNPB. Pohon selain baik untuk ekosistem alam, juga bisa menyelamatkan masyarakat dari ancaman bencana.

"Kemudian (Pak Doni) pemimpin yang menjadi sahabat. Kami merasa menjadi sahabat Pak Doni kami merasa sering diajak bicara dan sebagainya, inilah konsep catur muka yang diberikan Pak Doni," tutur Lilik.

Sementara itu, untuk Kepala BNPB yang baru, Ganip Warsito, Lilik mengucapkan selamat datang dan siap membantu memberikan dukungan dalam menjalankan tugas.

"Selamat datang di komunitas oranye, selamat datang dan bertugas. Insya Allah kami siap membantu dan memberikan dukungan kepada bapak, kami siap menerima perintah dan arahan," jelas Lilik.

Letjen TNI Doni Monardo diganti oleh Letjen TNI Ganip Warsito lantaran akan memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2021. Hal ini telah dibenarkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Ganip baru menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI selama tiga bulan lebih usai dilantik Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada 1 Februari 2021 lalu.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986 ini berpengalaman di bidang infanteri. Dia pernah menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka, Asops Panglima TNI, dan Pangkogabwilhan III.

Serupa dengan Ganip, Doni juga berpengalaman di bidang infanteri. Ia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1985. Ia pernah menjabat Dandenma Paspampres, Danjen Kopassus, Pangdam XVI/Pattimura, Pangdam III/Siliwangi, Sesjen Wantannas, hingga akhirnya didapuk sebagai Kepala BNPB.

Sebagai Kepala BNPB, Doni juga mengetuai Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Ia mulai terlibat aktif dalam penanganan wabah ini sejak awal merebak di Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini