Doni Monardo: BNPB Ibarat Kopassus, Nyaris Tidak Istirahat

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 25 Mei 2021 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 337 2415284 doni-monardo-bnpb-ibarat-kopassus-nyaris-tidak-istirahat-iFioGiV0Pi.jpg Doni Monardo saat jadi Danjen Kopassus (okezone)

JAKARTA - Tongkat komando Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) resmi beralih dari Doni Monardo ke Ganip Warsito. Saat ini jenderal Kopassus itu telah memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2021.

(Baca juga: Serda Ucok Dikabarkan Masuk ke Satuan Telik Sandi, Apa Tanggapan TNI AD?)

Doni mengibaratkan BNPB seperti pasukan korps baret merah dimana dia menghabiskan sebagian besar karirnya di TNI AD. Doni juga pernah menjabat sebagai Danjen Kopassus di tahun 2015.

“Pak Ganip, saya katakan bahwa BNPB ini ibarat Kopassus, pak Ganip. Bahkan dalam kondisi darurat Covid dan juga penanganan bencana di berbagai daerah, nyaris tidak pernah istirahat,” katanya dalam serah terima jabatan Kepala BNPB di Aula Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB, Jakarta (25/5/2021).

(Baca juga: Doni Monardo Pamit dari Kepala BNPB dan Kasatgas Covid-19)

Bahkan, kata Doni kepada Ganip, bahwa ASN di BNPB merupakan kalangan sipil yang berjiwa militan. “Jadi, Bapak menghadapi kalangan sipil tetapi yang berjiwa militan. Dan rasanya sulit sekali menemukan ASN yang punya dedikasi yang luar biasa,” katanya.

“Dan saya bersyukur, beruntung 2 tahun 4 bulan diberikan kesempatan bapak Presiden Jokowi untuk memimpin penanggulan bencana. Ditambah lagi penanganan Covid,” ungkap Doni.

Dia melanjutkan, bahwa menjadi Kepala BNPB merupakan pekerjaan yang membutuhkan stamina dan juga keteguhan hati.

“Ini adalah pekerjaan yang luar biasa dari aspek kemanusiaan, membutuhkan stamina yang sangat kuat dan juga memerlukan keteguhan hati. Karena menghadapi begitu banyak persoalan yang tidak mudah di daerah ketika bencana terjadi.”

“Dan kita juga masih menghadapi sejumlah persoalan yang belum selesai dalam program rehabilitasi dan rekonstruksi di berbagai daerah. Karena begitu seringnya bencana terjadi, gempa bumi, tsunami, likuifaksi, erupsi gunung berapi, ancaman hidrometeorologi dan begitu banyak persoalan yang terjadi,” ungkap Doni.

Namun, kata Doni, semuanya dapat terkendali dengan baik ini semuanya berkat kerja keras kolaborasi para ASN Badan Nasional Penanggulangan Bencana. “Sekali lagi luar biasa saya sampaikan rasa hormat dan terima kasih yang setinggi-tingginya,” tutup Doni.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini