Soliditas TNI-Polri Menjaga Tanah Papua dalam Satgas Nemangkawi Tuai Sederet Prestasi

Tim Okezone, Okezone · Senin 24 Mei 2021 21:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 24 337 2414915 soliditas-tni-polri-menjaga-tanah-papua-dalam-satgas-nemangkawi-tuai-sederet-prestasi-1eOJgYmeQR.jpeg Satgas Nemangkawi. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Polri terus hadir untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat di seluruh penjuru Indonesia, tak terkecuali untuk masyarakat di Papua. Di Bumi Cenderawasih, Korps Bhayangkara membentuk Satuan Tugas Operasi Nemangkawi.

Di bawah Kepemimpinan Kepala Operasi Nemangkawi Brigadir Jenderal Polisi Roycke Harry Langie, Ops Nemangkawi mengemban tugas menjaga kamtibmas papua dari gangguan kelompok kriminal teroris bersenjata atau KKTB.

Operasi yang dimulai sejak tahun 2018 ini terdiri dari beberapa satuan tugas yang diawaki oleh prajurit-prajurit Bhayangkara yang berkompeten, antara lain Yakni Satgas Intelijen, Satgas Binmas, Satgas Humas, Satgas Gakkum, Satgas Tindak, Satgas Siber, dan Satgas Bantuan. 

Baca juga: Teroris KKB Penembak Letda Blegur Ditangkap, Ini 5 Faktanya!

Kepala Operasi Nemangkawi memimpin langsung rapat penentuan target operasi sesuai dengan situasi dan kondisi Papua terkini dan diikuti oleh seluruh Kasatgas.

Sinergitas TNI Polri juga terus terjalin, di mana Satgas Operasi Nemangkawi Polri terus bekerja sama dan berdampingan dengan Satgas Operasi Nemangkawi TNI, Satgas Nanggala dan Satgas Pinang Sirih demi memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat di Papua. 

“Dalam mengemban tugas menjaga keamanan dan ketertiban dari gangguan dan aksi teror kelompok kriminal teroris bersenjata, Satgas Ops Nemangkawi juga dibekali dengan alutsista yang mumpuni demi mencapai hasil yang dituju. Mengingat medan operasi yang sulit dijangkau, mulai dari hutan belantara, perbukitan, hingga daerah pegunungan,” ujar Roycke, Senin (24/5/2021).

Kepala Operasi Nemangkawi juga terjun langsung memimpin pasukan hingga ke pedalaman Papua, mulai dari wilayah Intan Jaya, Nduga, hingga ke Distrik Ilaga guna menjamin situasi Papua tetap aman dan kondusif.

Baca juga: Ini Peran LW, Teroris KKB Kelompok Terinus Enumbi yang Ditangkap Satgas Nemangkawi

Satuan Tugas Operasi Nemangkawi yang mulai berdiri sejak tahun 2018 ini terus menunjukan prestasinya dalam penegakan hukum terhadap kelompok kriminal teroris bersenjata, hal ini terlihat saat Satuan Tugas Operasi Nemangkawi berhasil menangkap anggota kelompok kriminal teroris bersenjata di berbagai wilayah di Bumi Cenderawasih, serta mengamankan barang bukti, hingga mampu membuat beberapa anggota kelompok kriminal teroris bersenjata kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

Tak hanya menjaga masyarakat dari gangguan kelompok kriminal teroris bersenjata, Operasi Nemangkawi juga mendukung dan menyukseskan digelarnya pesta olahraga PON XX pada tahun ini yang rencananya akan diselenggarakan perdana di Papua pada Oktober mendatang, dengan terus mengawal dan mengamankan situasi di Tanah Papua, agar pesta olahraga yang digelar setiap empat tahun sekali tersebut tetap berjalan dengan aman dan lancer.

Soliditas dan sinergitas Satuan Tugas Operasi Nemangkawi bersama TNI tak hanya dalam penegakan hukum kepada kelompok kriminal teroris bersenjata, namun juga hadir menyentuh masyarakat papua hingga ke pedalaman. 

Melalui program Polisi Pi Ajar milik Binmas Noken, Satgas Operasi Nemangkawi hadir menanamkan wawasan kebangsaan, dan menanamkan pentingnya disiplin protokol kesehatan kepada mutiara-mutiara bangsa di tengah pandemi Covid-19.

Silaturahmi Polri dengan masyarakat Papua terus terjalin baik, dimana Binmas Noken juga turut hadir mengedukasi serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, baik dalam bidang pertanian, hingga ke peternakan, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini