Kakorlantas Tunggu Kebijakan Pemerintah Soal Perpanjang Pengetatan Arus Balik

Antara, · Senin 24 Mei 2021 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 24 337 2414482 kakorlantas-tunggu-kebijakan-pemerintah-soal-perpanjang-pengetatan-arus-balik-RWDnZFaCFe.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Kakorlantas) Irjen Pol Istiono akan menunggu kebijakan pemerintah terkait diperpanjang atau tidaknya masa pengetatan arus balik libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Dia mengatakan masa pengetatan arus balik melalui Operasi ketupat 2021 sudah ditutup pada 17 Mei lalu, begitu pula kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) oleh Korlantas Polri akan berakhir pada hari ini, Senin (24/5/2021).

“Apakah akan diperpanjang hingga 31 Mei? Nah, ini nanti kami menunggu kebijakan lebih lanjut, apakah kebijakan pengetatan berlanjut sampai 31 Mei atau tidak. Akan kami laksanakan kebijakan dari pemerintah,” ujar Istiono.

Dia mengatakan saat ini situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) telah aman dan terkendali sejak berlangsungnya operasi ketupat.

Baca juga: Kakorlantas Sebut Rapid Tes Antigen untuk Pemudik Efektif Tangkal Covid-19

Dia menmabahkan, tidak ada kejadian menonjol selama arus balik libur lebaran, karena kenaikan bertahap arus kendaraan bisa dikendalikan dalam beberapa hari terakhir.

Menurut Istiono, pemudik juga kembali ke Jakarta secara bertahap selama arus balik berlangsung. Hal itu menyebabkan tidak terjadi kepadatan pemudik di satu hari tertentu saja.

Baca juga: Puncak Arus Balik Gelombak Kedua, Ribuan Kendaraan Masuk Jakarta dari Tol Palimanan-Kanci

Sehingga, saat ini kondisi arus lalu lintas bisa kembali normal seperti sebelum libur lebaran 2021. “Secara umum situasi Kamseltibcarlantas ini aman dan terkendali. Tidak ada kejadian-kejadian yang menonjol selama arus balik. Mudah-mudahan seterusnya berjalan dengan aman, tertib dan terkendali,” kata Istiono.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini