Mutakhirkan Gempa Magnitudo 6,2 di Blitar Jadi 5,9, BMKG Minta Warga Tetap Waspada

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 21 Mei 2021 22:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 337 2413771 mutakhirkan-gempa-magnitudo-6-2-di-blitar-jadi-5-9-bmkg-minta-warga-tetap-waspada-IpBvGHEJx1.jpg Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (tangkapan layar)

JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, menyampaikan sejumlah imbauan kepada masyarakat, pascagempa berkekuatan magnitudo 6,2 yang kemudian dimutakhirkan menjadi 5,9, yang mengguncang daerah Blitar, Jawa Timur, dan sekitarnya.

Dwikorita meminta masyarakat tetap waspada, namun tidak panik. Ia mengimbau masyarakat tidak terpengaruh dengan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Terpenting, kata Dwikorita, masyarakat agar menjauh dari bangunan yang rusak akibat gempa.

"Hindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum anda kembali ke dalam rumah," imbaunya melalui siaran langsung yang ditayangkan akun YouTube BMKG, Jumat (21/5/2021).

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG, yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," ucapnya.

Lebih lanjut, Dwikorita juga telah mendapat laporan dari tim di lapangan bahwa terjadi kerusakan sejumlah bangunan akibat gempa di Blitar tersebut. Namun, ia tak merinci secara detail di mana saja lokasi bangunan yang mengalami kerusakan.

Baca Juga : Usai Gempa Magnitudo 6,2 di Blitar, BMKG Catat 2 Gempa Susulan

"Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Berdasarkan data sementara tercatat kerusakan ringan pada beberapa bangunan fasilitas umum dan rumah warga," jelasnya.

Baca Juga : Getaran Gempa Blitar Terasa di Malang, Warga Panik dan Trauma

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini