Wapres Ma'ruf Ditelepon Menteri Singapura, Bahas KRI Nanggala hingga Covid-19

Dita Angga R, Sindonews · Jum'at 21 Mei 2021 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 337 2413709 wapres-ma-ruf-ditelepon-menteri-singapura-bahas-kri-nanggala-hingga-covid-19-J8QkOeq2z7.jpeg Foto: Antara

JAKARTA-Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Menteri Senior sekaligus Menteri Koordinator Bidang Keamanan Nasional Republik Singapura Teo Chee Hean. Dalam pembicaraan tersebut, ada beberapa hal yang dibahas.

(Baca juga: Eksekutor Napi Cebongan Serda Ucok Bergabung ke Satuan Telik Sandi?)

Dalam pembicaraan tersebut, Wapres mengungkapkan harapannya agar kerjasama Indonesia - Singapura baik di tingkat ASEAN maupun secara bilateral terus ditingkatkan.

"Saya menyambut baik beberapa kemajuan kerja sama bilateral, antara lain berlakunya Bilateral Investment Treaty antara RI – Singapura pada Maret 2021 lalu dan juga perundingan pembukaan travel corridor untuk pariwisata dari Singapura ke wilayah Batam dan Bintan," katanya dikutip dari rilis Setwapres, Jumat (21/5/2021).

(Baca juga: Duh! Ratusan Penumpang Lion Air Terlantar di Bandara Soetta)

Dia mengatakan bahwa dengan peningkatan kerjasama ini diharapkan berdampak pada pulihnya perekonomian kedua negara. Khususnya setelah hantaman pandemi Covid-19.

"Saya berharap bahwa kemajuan ini menjadi titik awal pulihnya kembali perekonomian kita yang aman dari Covid-19," imbuhnya.

Maruf mengatakan pandemi covid-19 masih menjadi tantangan besar dunia termasuk di kawasan ASEAN. Untuk itu, dia meminta setiap negara terus meningkatkan kerjasama dan mengambil langkah antisipatif guna mencegah terjadinya lonjakan kasus.

"Penerapan pembatasan, protokol kesehatan, serta vaksinasi menjadi kunci agar kita dapat keluar dari pandemi ini dan memulihkan perekonomian kita. Untuk itu, kerja sama kita, baik pada tingkat ASEAN maupun secara bilateral harus ditingkatkan," ujarnya.

Pada kesempatan itu Maruf juga mengucapkan terima kasih atas bantuan Singapura pada upaya pencarian Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam beberapa waktu lalu di Laut Utara Bali. Hal ini menurutnya menjadi salah satu bukti kuatnya hubungan Indonesia - Singapura.

"Kuatnya hubungan kita juga tercermin dari solidaritas Singapura yang mengirim kapal MV Swift Rescue dalam pencarian awak KRI Nanggala 402," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Senior Teo Chee Hean, mengawali percakapan dengan mengucapkan selamat Idul Fitri kepada Wapres. “Selamat hari raya Idul Fitri Bapak Wapres dan keluarga Anda,” ucapnya.

Dia mengatakan bahwa sebagai mantan Kepala Angkatan Laut Singapura turut merasakan kesedihan mendalam atas musibah yang menimpa KRI Nanggala 402.

“Sebagai anggota dari angkatan laut sendiri, saya juga merasakan duka sangat dalam waktu ada kejadian terhadap anggota angkatan laut. Dan kita sangat membantu kalau ada kejadian seperti ini,” ungkapnya.

Dia juga menyambut baik ajakan Wapres untuk terus meningkatkan kerjasama khususnya dalam bidang ekonomi.

“Saya sangat senang melihat kedua negara, (para) menterinya (saling) memperkuat kerjasama di antara kedua negara kita, termasuk dalam sektor ekonomi digital, pertahanan, dan semua sektor ini untuk masa depan,” pungkasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini