Tips Public Speaking dari Mahasiswa ITB Zahid Azmi Ibrahim

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 21 Mei 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 337 2413531 tips-public-speaking-dari-mahasiswa-itb-zahid-azmi-ibrahim-QsQpQLzxwz.jpg Foto: YouTube Zahid Azmi Ibrahim

PASTI banyak dari kita yang masih suka gugup saat bicara di depan umum. Hal tersebut biasanya membaik seiring pengalaman public speaking yang dialami. Namun, bagi kamu yang ingin segera memperbaiki kemampuan public speaking, bisa coba ikutin beberapa tips dari mahasiswa Institut Teknologi Bandung, Zahid Azmi Ibrahim.

Mahasiswa sekaligus konten kreator ini seringkali membuat konten tentang edukasi, seperti tips produktif belajar di rumah. Kali ini Zahid pun ingin membagikan tips yang ia lakukan sendiri saat meningkatkan kemampuan public speaking.

Zahid pun mengingat pada saat pertama kali mengikuti lomba debat. Pada saat itu ia sangat gugup sampai mual dan ingin muntah. Namun kini, justru kesempatan berbicara di depan umum merupakan kesempatan yang ia tunggu-tunggu. Ia pun berbagi tips-tips agar lancar ketika berbicara di depan banyak penonton. 

Tips yang pertama adalah bernapas menggunakan diafragma. Karena ketika bernapas menggunakan diafragma, akan ada lebih banyak udara yang masuk ke dalam paru-paru kita. Ketika seseorang bernapas menggunakan dada, maka ada kemungkinan ia merasa lebih tegang di area rahang, tenggorokan, dan lainnya.

Tips yang kedua adalah proyeksi suara. Jika kita biasanya berbicara melalui suara kepala maka sebaiknya diturunkan menjadi suara dada. Menurut Zahid, ketika berbicara menggunakan suara dada kita dapat terdengar lebih otoritatif dan lebih memiliki fleksibilitas dalam berbicara. 

“Suara yang lebih rendah nadanya cenderung memberikan kesan kepemimpinan yang lebih baik” tutur Zahid.

Tips terakhir yaitu tentang kontak mata. Bagi Zahid, kontak mata merupakan hal yang sangat penting ketika berbicara. Hal yang dapat dilakukan untuk latihan kontak mata saat berbicara dengan orang lain yaitu dengan menatap area di antara mata supaya tidak merasa canggung. 

Yuk simak penjelasan lengkap dari Zahid hanya di YouTube channel Zahid Azmi Ibrahim! 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini