Humor Gus Dur: Kalau Pengebom Bunuh Diri Masuk Surga, Mereka Akan Menyesal

Doddy Handoko , Okezone · Jum'at 21 Mei 2021 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 337 2413286 gus-dur-pengebom-bunuh-diri-bukan-mati-syahid-tapi-mati-sakit-J4AYl6swWS.jpg Gus Dur (Foto : Istimewa)

PRESIDEN Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dikenal memiliki selera humor yang tinggi. Humor-humor Gus Dur Cerdas namun bisa membuat yang membaca tertawa terpingkal-pingkal, salah satinya tentang orang yang baru pulang Naik Haji terlihat marah-marah terkait radio yang dibawanya.

"Lho kang, ngopo (kenapa) ngamuk-ngamuk mbanting radio?" tanya kawannya penasaran.

"Pembohong! Gombal!" ujarnya geram.

Temannya terpaku kebingungan. "Radio ini di Mekkah tiap hari ngaji Al-Quran terus. Tapi di sini, isinya lagu dangdut tok. Radio begini kok dibilang radio Islami."

"Sampean tahu ini radio Islami dari mana?"

"Lah? Itu bacaannya 'al-transistor', pakai 'Al'".

Selain itu ada lagi tentang jihad yang percaya kematiannya akan dijamin’ masuk surga. Gus Dur pun kembali melemparkan leluconnya.

“Gus, betulkah para pengebom itu mati syahid dan bertemu bidadari di surga?” tanya seorang wartawan kepada Gus Dur.

Gus Dur pun menjawab, “Memangnya sudah ada yang membuktikan? Tentu saja belum kan, ulama maupun teroris itu kan juga belum pernah ke surga," kata Gus Dur.

"Mereka itu yang jelas bukan mati syahid tapi mati sakit. Dan kalau pun mereka masuk surga, mereka akan menyesal bertemu bidadari, karena kepalanya masih tertinggal di dunia dan ditahan oleh polisi,” imbuh Gus Dur.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini