Share

Sunda Empire: US Itu Bukan United State, tapi Uncle Sam

Tim Okezone, Okezone · Kamis 20 Mei 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 337 2413033 sunda-empire-us-itu-bukan-united-state-tapi-uncle-sam-SkSGgZDZeW.jpg Sekjen Sunda Empire Rangga Sasana (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Nama Rangga Sasana kembali membuat heboh publik. Padahal, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Sunda Empire itu baru baru saja bebas dari penjara pada April 2021 lalu.

Kehebohan tersebut muncul setelah Rangga menjadi narasumber pada podcast Deddy Corbuzier dengan membuat pernyataan mengejutkan tentang sejarah kemerdekaan Amerika Serikat.

Dia mengatakan bahwa kemerdekaan Amerika Serikat atau United States (US) berasal dari mandat Sultan Abdul Mufakir dari Banten. "Amerika Serikat itu mandatnya dari Sultan Abdul Mufakir dari Banten. Dia mendapat mandat dari Sultan Ageng Tirtayasa untuk memerdekakan Amerika Serikat," kata Rangga yang ditanggapi senyum Deddy dan dua orang pengiringnya.

Rangga juga menerangkan mengapa Amerika banyak disebut sebagai US. Menurut dia, US bukan kepanjangan dari United States. Tetapi kepanjangan dari Uncle SAM (US) yang tak lain adalah paman Sultan Abdul Mufakir (SAM) yang disebutnya orang yang memerdekakan Amerika Serikat. "Jadi setiap negara harus ada mandat. Tidak bisa ujug-ujug merdeka," kata dia.

Dia pun menghubungkan, bagaimana plat Nomor Banten menggunakan huruf A. Plat tersebut memiliki history sejarah, American (A). Di mana ada keterkaitan antara Banten dan Amerika. "Makanya Banten punya plat mobil A, American. Tidak sembarangan, itu ada sejarah yang diciptakan di sana," katanya.

Kendati Deddy menanggapi dengan tak begitu serius, tampak Rangga menjawab semua pertanyaan dengan santai. Dia pun meminta persoalan sejarah, jangan sampai menimbulkan sengketa di jalur hukum. Karena, perbedaan sejarah ini sudah biasa, masing masing punya pendapat. Bukan bermaksud menyebarkan kebohongan.

Baca juga: Sejarah Kemerdekaan Amerika Serikat Versi Sekjen Sunda Empire

Pada podcast itu, Deddy Corbuzier juga mengundang dua tamu lainnya yang diklaim diundang secara acak. Kehadiran mereka membuat suasana wawancara tampak satu frekuensi. Dalam beberapa kesempatan mereka menghubungkan dengan tokoh Iron Man dan kehancuran Benteng Takachi yang dibenarkan oleh Rangga.

Pada Podcas itu, Deddy pun membuat judul "Chuaaxz. Sunda Empire VS Titan VS Pemuda Tersesat. Ban9sat Lucu bgt".

Baca juga: Reaksi Kocak Netizen Ketika Rangga Sunda Empire Sebut Amerika Dimerdekakan Banten

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(fkh)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini