Share

Catat! Ini Daftar 7 Daerah Zona Merah Covid-19

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 21 Mei 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 337 2413008 catat-ini-daftar-7-daerah-zona-merah-covid-19-0HYDkJOkGb.jpg Ilustrasi Covid-19 (Foto: Dokumen Okezone)

JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 mengingatkan agar tujuh daerah yang masuk zona merah untuk memperbaiki pola penanganan virus corona di wilayahnya.

Ketujuh daerah itu antara lain Sleman di DIY, Kota Salatiga di Jawa Tengah, Kota Palembang di Sumatera Selatan, Kota Pekanbaru di Riau, Solok dan Kota Bukittinggi di Sumatera Barat, serta Deli Serdang di Sumatera Utara.

"Kepada 7 kabupaten/kota ini, mohon untuk segera memperbaiki penanganan Covid-19 di wilayah. Karena seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa perkembangan di Minggu lalu belum dampak dari libur Idul Fitri dan periode mudik. Jika pada saat ini 7 kabupaten/kota ini sdah berada di zona merah sebelum dampak libur Idul Fitri terlihat bukan tidak mungkin kabupaten/kota ini akan kewalahan menghadapi kemungkinan kenaikan kasus Covid-19 yang berpotensi terjadi dua atau tiga minggu ke depan," terang Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito.

"Seperti yang saya sampaikan sebelumnya dampak libur panjang terhadap kenaikan kasus biasanya baru dapat terlihat dalam dua sampai tiga Minggu kemudian. Untuk itu saya ingatkan tidak hanya untuk kabupaten/kota di zona merah saja namun di seluruh zonasi risiko untuk terus meningkatkan penanganan Covid-19 di wilayahnya. Utamanya dalam beberapa minggu ke depan sebagai antispasi dampak dari libur Idul Fitri," pungkasnya.

(Baca juga: Kasus Covid-19 Bertambah 5.797, Jawa Barat Tertinggi)

Wiku mengungkapkan, tidak ada penambahan jumlah zona hijau terkait penanganan virus corona di Indonesia.

Sementara itu, zona kuning mengalami kenaikan dan zona oranye serta merah mengalami penurunan meskipun jumlahnya sedikit.

"Di Minggu lalu terjadi penurunan zona merah yaitu dari 12 kabupaten/kota menjadi 7 kabupaten/kota. Selain itu zona oranye juga mengalami penurunan jumlah meskipun hanya sedikit yaitu dari 324 menjadi 321. Selanjutnya zona kuning mengalami kenaikan dari 169 menjadi 177. Sedangkan untuk zona hijau jumlahnya tetap," kata Wiku, Kamis (20/5/2021).

Wiku juga mengapresiasi pemerintah daerah yang telah berhasil menurunkan zona risiko tinggi dan zona risiko sedang. Adapun dari Minggu ke Minggu angka zona risiko sedang cenderung mengalami kenaikan.

(Baca juga: Update Corona 20 Mei 2021: Positif 1.758.898 Orang, 1.621.572 Sembuh & 48.887 Meninggal)

"Saya apresiasi bahwa di Minggu ini terdapat 37 kabupaten/kota yang berpindah dari zona oranye ke zona kuning. Yang mencakup kab/kota dari provinsi Aceh ada 2. Sumatera Utara ada 4. Jambi ada 3. Sumatera Selatan ada 2. Bengkulu ada 2. Lampung ada 2. DKI Jakarta 1. Jawa Timur ada 6. NTT ada 5. Kalimantan Barat ada 1. Kalimantan Utara ada 1. Sulawesi Barat ada 1. Maluku ada 2. Dan Papua ada 4. Serta Papua Barat ada 1," paparnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(sst)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini