Jumlah Pemudik Lebaran Tahun Ini Meningkat Dibandingkan 2020

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 19 Mei 2021 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 337 2412475 jumlah-pemudik-lebaran-tahun-ini-meningkat-dibandingkan-2020-NVAOczIk5U.jpg Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan. (Foto : Okezone)

JAKARTA - Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengungkapkan, jumlah pemudik pada 2021 ini lebih banyak dibandingkan 2020.

Ramadhan mengungkapkan, hal itu sebetulnya telah diprediksi aparat kepolisian dalam Operasi Ketupat 2021. Peningkatan itu terjadi di kala kebijakan adanya larangan mudik. Namun, animo masyarakat memang tidak terbendung untuk mudik pada tahun ini.

"Sehingga kami lakukan larangan mudik itu, namun pada pelaksanannya tahun ini masyarqkqt yang mudik itu lebih banyak dari tahun lalu," kata Ramadhan dalam jumpa pers di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Rabu (19/5/2021).

Dengan meningkatnya jumlah pemudik, otomatis kendaraan pun mengalami kenaikan yang pesat pada tahun ini. Sehingga, evaluasi operasi ketupat mendapatkan fakta bahwa tingginya angka kecelakaan lalu lintas.

"Jadi pada saat masa operasi ketupat. Namun terjadinya pergerakan kendaraan, terjadi banyak pada saat sebelum pelaksanaan peniadaan mudik itu sendiri," ujar Ramadhan.

Baca Juga : Anies: 22.910 Pemudik Kembali ke Jakarta dan Sekitarnya, 148 Positif Corona

Ramadhan menjelaskan, dari beberapa daerah jumlah kendaraan yang datang menjadi lebih banyak. Khususnya dari wilayah yang sebetulnya sepi, tapi saat ini kedatangan kendaraan lebih banyak.

"Jadi ini juga disebabkan oleh jumlah kendaraan yang lalu lalang yang banyak," tutur Ramadhan.

Baca Juga : Operasi Ketupat Jaya Diperpanjang Antisipasi Puncak Arus Balik 21-23 Mei

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini