KPK Bakal Panggil Kembali Azis Syamsuddin Terkait Kasus Walkot Tanjungbalai

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 19 Mei 2021 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 337 2412424 kpk-bakal-panggil-kembali-azis-syamsuddin-terkait-kasus-walkot-tanjungbalai-lq1bE1yl9x.jpg Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto : Okezone/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan, pihaknya bakal memanggil kembali Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin (AS). Ia akan dipanggil terkait kasus suap untuk tidak menaikkan perkara Wali Kota Tanjungbalai ke tingkat penyidikan.

"Untuk kepentingan penyidikan perkara korupsi, tentu penyidik akan memanggil kembali saudara AS. Nanti KPK pasti menyampaikan setiap perkembangannya ke publik," ujar Firli dalam keterangannya, Rabu (19/5/2021).

Firli membenarkan bahwa Azis Syamsuddin telah memenuhi panggilan pemeriksaan oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK pada Senin (17/5/2021) terkait pelanggaran kode etik yang dilakukan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju (SRP).

"Beberapa hari yang lalu betul saudara AS telah dimintai keterangan oleh Dewas KPK terkait dugaan pelanggaran kode etik oleh penyidik SRP," katanya.

Saat ini, lanjut Firli, pihaknya masih melakukan pemeriksaan para saksi dan mengumpulkan bukti-bukti terkait kasus suap untuk tidak menaikkan perkara Wali Kota Tanjungbalai ke tingkat penyidikan.

"KPK akan tuntaskan perkara tersebut setuntas-tuntasnya dan ungkap seterang-terangnya untuk menemukan tersangka," ujarnya.

Selain itu, Firli menyebut, pihaknya bakal terus bekerja dan tetap berkomitmen memberantas korupsi.

"Komitmen kami tidak pernah berubah, untuk memberantas korupsi siapapun pelakunya," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Dewan Pengawas (Dewas) KPK membenarkan bahwa pihaknya telah memeriksa Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin pada Senin (17/5/2021).

Azis yang tidak diketahui kedatangannya itu, dikonfirmasi mengenai pelanggaran kode etik yang dilakukan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju (SRP).

Baca Juga : Azis Syamsuddin Penuhi Panggilan Pemeriksaan Dewas KPK

"Ya benar (diperiksa) tadi pagi," ujar Anggota Dewas Syamsuddin Haris kepada wartawan, Senin (17/5/2021).

Terkait materi apa saja yang ditanyakan kepada Azis, Syamsuddin pun tidak mengetahui lantaran dirinta tidak ikut dalam pemeriksaan tersebut.

"Saya tidak tahu karena tidak ikut memeriksa," ungkapnya.

Sebelumnya KPK sendiri telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Azis pada Jumat (7/5) terkait kasus suap untuk tidak menaikkan perkara Wali Kota Tanjungbalai ke tingkat penyidikan.

Azis yang saat itu bakal diperiksa untuk tersangka Robin, tidak bisa memenuhi panggilan pemeriksaan dengan alasan masih ada kegiatan lain.

"Informasi yang kami terima yang bersangkutan hari ini konfirmasi secara tertulis bahwa yang bersangkutan tidak bisa hadir memenuhi panggilan karena masih ada agenda kegiatan yang dilakukan," ujar Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini