Kapan Pandemi Covid-19 Akan Berakhir?

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 19 Mei 2021 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 337 2412350 kapan-pandemi-covid-19-akan-berakhir-RwS2KxWgiE.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 saat ini telah berlangsung lebih dari satu tahun lamanya. Namun, kasus Covid-19 secara Global pun belum menunjukkan angka penurunan. Bahkan angka Covid-19 di beberapa negara justru meningkat sehingga dilakukan kebijakan lockdown.

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban pun merespon beberapa pertanyaan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir?

“Ada pertanyaan sederhana beberapa orang tapi menarik bagi saya. Misalnya kapan sih pandemi berakhir. Ya saya jawab, kemungkinannya bersifat “permanen”. Dalam arti tidak akan hilang. Skenarionya itu, bisa menjadi endemik atau seperti flu musiman-tapi masih bisa merenggut nyawa,” cuit Zubairi lewat media sosial Twitter pribadinya, dikutip Rabu (19/5/2021).

Zubairi pun menegaskan bahwa herd immunity tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Bahkan katanya, untuk mencapai kekebalan 70% saja masih sangat jauh.

“Lalu, apa kabar herd immunity? Yang jelas tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Tingkat kekebalan yang diperlukan untuk mencapai itu di angka 70 persen dan kita masih jauh. Apakah ada contoh virus yang telah mencapai herd immunity? Ada. Contohnya virus penyebab cacar: variola,” ungkap Zubairi.

Selain itu, Zubairi mengatakan pandemi kadang terlalu subjektif untuk dinilai dan ditangani. Tiap kebijakan yang diambil sepertinya salah.

“Lihat Singapura, salah satu negara terbaik penanganan Covid-19, kini lockdown lagi. Padahal kasus hariannya di bawah 50. Sementara Jakarta 600 kasus. Silakan menilai,” kata Zubairi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini