Mahfud MD Tegaskan Ambil Jalan Damai untuk Konflik di Papua, Begini Caranya

Riezky Maulana, iNews · Rabu 19 Mei 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 337 2412243 mahfud-md-tegaskan-ambil-jalan-damai-untuk-konflik-di-papua-begini-caranya-SVtP3re8sO.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan bahwasanya pemerintah Indonesia melakukan pendekatan kesejateraan dan jalan damai dalam permasalahan di Papua. Menurut Mahfud, jalan damai juga menjadi salah satu caranya.

Salah satu buktinya, kata Mahfud dilakukan melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Kebijakan penanganan Papua oleh pemerintah itu secara umum itu menggunakan pendekatan kesejateraan, pendekatan damai tanpa kekerasan tanpa senjata itu secara umum. Bagaimana itu dituangkan dalam kebijakan pemerintahan yang umum," tutur Mahfud dalam konferensi pers daring, Rabu (19/5/2021).

Lebih jauh dijelaskan Mahfud, dana otonomi khusus (Otsus) Papua juga akan ditambah jumlahnya sebesar 0,25 persen dari yang tadinya 2 persen, menjadi 2,25 persen. Menurutnya, jika dikalkulasikan, maka jumlah itu lebih besar 17 kali lipat dari dana masyarakat luar Papua.

"Dana otsus. Dana otsus di Papua itu sebesar dua persen. Insya Allah tahun depan jadi 2,2 persen. Dan itu berarti menurut perhitungan di Rizal Ramli di sebuah acara televisi, itu kira-kira kalau dirata-ratakan belanja untuk orang Papua sekira 17 kali lebih besar dengan rata-rata di luar Papua," ungkapnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini