Share

Polisi Evakuasi Ibu Hendak Melahirkan yang Terjebak Dalam Mobil Mogok di Hutan

Widori Agustino, iNews · Selasa 18 Mei 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 337 2411808 polisi-evakuasi-ibu-hendak-melahirkan-yang-terjebak-dalam-mobil-mogok-di-hutan-wF0QQYk9kY.jpg Polisi mengevakuasi ibu-ibu yang hendak melahirkan terjebak dalam mobil mogok di hutan. (Foto : iNews)

OGAN KOMERING ULU – Seorang polisi membantu mengevakuasi ibu yang hendak melahirkan di jalan lintas dalam hutan di kawasan Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel), Minggu (16/5/2021) sore. Saat kejadian, ibu itu dalam kondisi lemah tengah berada di dalam mobil yang mogok.

Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binmas) Polsek Lubuk Batang, Ipda Indra Gunawan saat itu tengah berpatroli penyekatan Operasi Ketupat Musi untuk mengantisipasi lonjakan arus balik Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Di tengah jalan dalam hutan, Ipda Indra melihat mobil jenis Carry mogok. Awalnya dia menyangka penumpang mobil menjadi korban tindak pidana. Namun, setelah didekatinya ternyata ada ibu muda yang kondisinya sangat lemah hendak melahirkan.

“Saya lihat ada mobil mogok. Insting saya ada tindak pidana. Saya mundurkan mobil. Saya tanya, ternyata ada bidan. Ada ibu mau melahirkan, mobil rusak,” kata Ipda Indra, Selasa (18/5/2021).

Kepala Pos Penyekatan Simpang Kandis OKU tersebut langsung meminta si ibu beserta suami dan seorang nenek bersama bidan desa yang mendampinginya untuk pindah naik mobil miliknya menuju rumah sakit di Kota Baturaja.

“Langsung saya tolongin naik ke mobil. Harus cepat karena sudah habis air ketubannya,” ucapnya.

Karena membawa ibu-ibu hendak melahirkan dalam kondisi sangat lemah dan sudah pecah air ketubannya, Ipda indra terpaksa mengemudikan mobilnya dengan sangat hati-hati. Di perjalanan dia pun menghibur keluarga ibu yang diketahui bernama Alma Astuti tersebut agar bersabar dan berdoa.

Baca Juga : Ma'ruf Amin: Angka Kematian Ibu Melahirkan Indonesia Lebih Tinggi dari Negara Tetangga

Akhirnya Ipda Indra membawa ibu yang hendak melahirkan tersebut ke RSUD Ibnu Sutowo Baturaja dalam tempo waktu 1 jam. Normalnya perjalanan dari lokasi menuju rumah sakit hanya butuh waktu 20 menit.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Berkat bantuan Ipda Indra, nyawa si ibu bisa diselamatkan. Ibu utu bisa melahirkan dengan cara operasi cesar dikarenakan selain air ketubannya sudah kering, calon bayi posisinya sungsang.

Kini si ibu dan bayinya dalam kondisi sehat dirawat di ruang berbeda. Sang bayi masih harus mendapat parawatan intensif di ruang khusus karenan pengaruh lambatnya penangangan akibat mobil mogok di tengah hutan.

Ayah si bayi, Joyo Iskandar, tak henti-hentinya berterima kasih kepada Ipda Indra Gunawan yang telah membantu persalinan istrinya. Dia pun berencana memberi nama anaknya yang berjenis kelamin wanita tersebut dengan nama Indri, sebagai kenangan dan ucapan terima kasihnya kepada Ipda Indra.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini