Antisipasi Lonjakan Kasus Usai Libur Lebaran, Doni Monardo Imbau Warga Isolasi Mandiri

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 17 Mei 2021 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 337 2411126 antisipasi-lonjakan-kasus-usai-libur-lebaran-doni-monardo-imbau-warga-isolasi-mandiri-brKmARRzQW.jpg Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo

JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, menegaskan usai libur panjang diprediksi terjadi kenaikan kasus virus corona (Covid-19). Begitu pula usai libur Lebaran seperti saat ini.

“Pada kesempatan ini sebagaimana tadi arahan dari Bapak Presiden dan juga Bapak Menko setiap selesai libur pasti akan terjadi kenaikan kasus, baik kasus aktif, keterisian tempat tidur di rumah sakit, dan juga angka kematian,” ungkap Doni secara virtual dari Istana Kepresidenan, Senin (17/5/2021).

Doni mengatakan, belajar dari pengalaman 1 tahun terakhir, kasus aktif yang meningkat setelah libur panjang itu berada pada kisaran antara 78% sampai 116%.

“Sedangkan angka kematiannya berkisar antara 46% sampai dengan 75%. ini terjadi setiap libur panjang,” katanya.

“Oleh karenanya Bapak Presiden, Bapak Wakil Presiden, dan juga para menteri bekerja keras dalam beberapa minggu terakhir ini untuk memastikan jangan sampai terjadi lonjakan kasus seperti yang terjadi pada waktu-waktu sebelumnya,” ucap Doni.

“Kita semua sudah banyak pelajaran pengalaman dari apa yang terjadi pada periode sebelumnya,” ujarnya.

Doni mengimbau seluruh pemudik ataupun masyarakat yang kembali dari bepergian saat libur panjang Lebaran tahun ini untuk melakukan karantina mandiri. Upaya ini perlu dilakukan untuk mencegah potensi lonjakan kasus akibat adanya transmisi penularan Covid-19.

Baca Juga : Hadapi Lonjakan Covid-19 Usai Libur Lebaran, 5.994 Bed Disiapkan di Wisma Atlet

“Oleh karenanya, yang perlu kita perhatikan sekarang adalah bagaimana agar kasus ini tidak melonjak. Salah satu faktor utamanya adalah melakukan program karantina secara mandiri bagi mereka yang kembali dari bepergian,” tutur Doni.

Baca Juga : Satgas RSD Wisma Atlet Prediksi Lonjakan Covid-19 Pasca Lebaran Capai 50%

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini