Pemerintah Akui Larangan Mudik Tidak Berhasil 100%, tapi Bukan Berarti Gagal

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 17 Mei 2021 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 337 2410988 pemerintah-akui-larangan-mudik-tidak-berhasil-100-tapi-bukan-berarti-gagal-0n5pVPfktH.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy (Ist)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengakui larangan mudik Lebaran 1442 Hijriah tidak berhasil 100%. Namun, bukan berarti kebijakan tersebut gagal.

Menurut Muhadjir, secara umum upaya pemerintah membatasi pergerakan orang sudah bagus. Apalagi angka pemudik yang berangkat ke kampung pada tahun ini menurun.

"Memang kebijakan peniadaan mudik ini tidak berhasil 100%, tapi bukan berarti gagal sama sekali. Secara umum sudah bagus," kata Muhadjir melalui keterangan pers resminya, Minggu (16/5/2021).

Muhadjir menuturkan, pemerintah telah memanfaatkan data historis peniadaan mudik tahun lalu. Dengan demikian, pemerintah sudah hafal betul dengan modus operandi warga yang nekat pergi mudik.

"Kita juga betul-betul memanfaatkan data historis penanganan peniadaan mudik tahun lalu, termasuk kita perketat jalur-jalur tikus dan kita pelajari secara detail, kemudian modus operandi mereka yang nekat dengan cara-cara yang menurut mereka kreatif tapi sebetulnya itu tidak terbukti juga sudah kita antisipasi," tuturnya.

Baca Juga : Hasil Penyekatan Kemarin, 36.468 Kendaraan Diputar Balik dan 24 Pemudik Positif Corona

Bahkan, tutur mantan Mendikbud tersebut, berdasarkan data kepolisan pada tahun ini jumlah pemudik berkisar 1 juta orang. Jumlah yang berkurang signifikan dibandingkan tahun lalu itu menandakan aturan peniadaan mudik berjalan cukup efektif.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini