Rahasia Membuat Telur Asin yang Gurih dan Matang dari Brebes

Doddy Handoko , Okezone · Minggu 16 Mei 2021 08:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 16 337 2410696 rahasia-membuat-telur-asin-yang-gurih-dan-matang-dari-brebes-pqI7xYWfOp.jpg Ilustrasi telur asing (Foto: Kwikku)

BANYAK persaingan dalam berbisnis peluang usaha produksi telur asin di Brebes, Jawa Tengah. Hal ini dialami sendiri oleh Ibu Dirja yang setiap harinya bekerja sebagai pembuat telur asin di Brebes.

Bila ternyata permintaan pasar pas ramai, kebanyakan para pembuat telur asin di Brebes lebih memilih waktu 5 hari dalam membuat telur asin. Daripada membuat telur asin yang membutuhkan waktu lama yaitu 12 sampai 15 hari atau 2 minggu.

Baca Juga: Cerita Pilu, Selfie yang Berujung Maut Perahu Wisata di Kedung Ombo Terbalik

Memang kalau bicara masalah kualitas rasa, telur asin yang dibuat dalam waktu 5 hari, nilai rasa gurihnya kalah jauh dengan waktu yang dibuat dalam waktu 15 hari. Untuk rasa yang 5 hari, biasanya rasa gurihnya kurang tapi juga tidak terlalu terasa. 

“Sedangkan untuk telur asin yang dibuat dalam waktu 15 hari, rasa gurihnya lebih nikmat dan asinya sangat terasa,“ ungkapnya.

Ibu Dirja juga menjelaskan bagaiman cara melihat telur asin yang dibuat dalam waktu 5 hari dan 15 hari, bisa dilakukan dengan cara melihat dari dalam telur asin tadi dengan membelahnya menjadi dua bagian.

Untuk yang menggunakan waktu 5 hari, itu biasanya warna telur tengahnya (kuning telur) itu masih seperti biasa.

Sedangkan yang 12 atau 15 hari ternyata warna telur kuningnya tadi sudah terlihat garis merah dipinggirnya itu berarti sudah benar-benar matang. Dan yang lebih mudah untuk mengenali yang proses pembuatanya sudah matang betul, maka akan keluar minyaknya di kuning telurnya.

Selain berminyak, juga lebih ringan beratnya karena putih telurnya udah berkurang beratnya karena terkena adonan garam yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan (pengukusan).

Baca Juga:  Satgas Nemangkawi Sisir TKP yang Tewaskan 2 KKB di Mayuberi Papua

Untuk masalah ketahanan, ternyata yang lebih lama bikinnya yang makai hitungan 12 sampai 15 hari bisa bertahan sampai 2 minggu. Tidak mengeluarkan aroma amis dan juga rasanya masih sangat gurih.

Rata-rata setiap hari telur asin yang diproduksi mencapai 6.000 butir. Telor asin ini selain dikirim ke penjual di Brebes juga dikirim ke Jakarta. Harga telor asin dibandrol Rp2000,- per-butir.

Usaha keluarga ini hanya mempunyai 3 orang karyawan. “Modal awal hanya ratusan ribu. Kini hasilnya lumayan bisa untuk menyekolahkan anak,” kilahnya.

Bila ternyata pesanan lagi sepi, dia lebih lama menyimpan telur asinya di tempat pengukusan bisa sampai 1 bulan. Tapi apa bila ternyata pesanan lagi ramai atau banyak, maka biasanya waktu yang dilakukan untuk proses pembuatan telur asin lebih memilih waktu yang relatif pendek yaitu 5 sampai 12 hari.

Dan bila musim penghujan, juga bisa mengurangi pesanan telur asin. Untuk mendapatkan bahan telur asin biasanya bu Dirja sudah memiliki pengepul bahan telur asin di seputaran Brebes.

Bila kebetulan ada pesanan banyak, dan membutuhkan bahan telur bebek dalam jumlah besar, maka bu Dirja akan menghubungi pengepul dari daerah luar Brebes, semisal dari wilayah Tegal, Pemalang, sampai Pekalongan.

Dia pernah pula mencoba memasarkan telur asinnya ke Jogjakarta, tapi hasilnya juga belum memuaskan. Faktor yang menyebabkan salah satu kendalanya adalah selera makan masyarakatnya yang mungkin belum terbiasa makan telur asin, akibatnya peminatnya kurang.

“Mungkin karena selara makan orang Jogja terbiasa dengan makanan yang manis-manis seperti gudeg,” ungkapnya.

Meskipun di Jogja terkadang juga ada ‘warteg’, tapi rata-rata pemiliknya untuk masalah membeli telur asin jumlahnya sangat terbatas, tidak lebih dari 5 butir saja yang penting ada.

Tapi bila di daerah Brebes sendiri, sepertinya mengkonsumsi telur asin sudah seperti menjadi kebutuhan pokok. Karena itu tidak heran kadang Ibu Dirja sering mendapat pesanan pembuatan telur asin ratusan butir.

“Itu biasanya pesanan untuk hajatan juga Tahlillan. Kalau untuk hajatan biasanya jumlah pesanan bisa mencapai ratusan telur asin.

Di daerah Brebes memang sering ada orang hajatan yang pesan telur asin pada saya,”ujarnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini