Sebelum Potong Rambut, Gus Dur Suka Dipijat Kepalanya hingga Tertidur Pulas

Doddy Handoko , Okezone · Sabtu 15 Mei 2021 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 15 337 2410427 sebelum-potong-rambut-gus-dur-suka-dipijat-kepalanya-hingga-tertidur-pulas-vvOQ7Ej2O8.jpg Foto:Ist

PRESIDEN Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ternyata memiliki tukang cukur langganan selama puluhan tahun seorang wanita. Berikut ini kisahnya uniknya diambil dari berbagai sumber.

(Baca juga: Saat Kapolri Hoegeng Tolak Rumah Mewah dan Mobil dari Bandar Judi Kelas Kakap)

Tukang Cukur Langganan Mantan Presiden Abdurrahman Wahid Tarwiyah, pemilik Beauty Salon & Barbershop International menuturkan jika Gus Dur sejak tahun 1991 menjadi langganan salon miliknya.

"Kalau gak salah beliau itu hampir 20 tahun langganan cukur di sini," ujar Tarwiyah dalam sebuah wawancara.

(Baca juga: Humor Gus Dur, Tukang Becak asal Madura)

Tarwiyah juga merupakan salah satu wanita yang pernah mencukur rambut Gus Dur. Seingatnya, Gus Dur berlangganan di salon miliknya ketika masih menjabat ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Biasanya Gus Dur datang sendiri tanpa dikawal ajudannya. Setiap datang Gus Dur selalu memakai sendal dan kaos biasa.

Sedangkan tukang cukur yang biasa memegang kepala Gus Dur pertama kali adalah Pak Manab, karyawan paling sepuh di Barbershop International.

Namun sebelum Gus Dur wafat, almarhum Manab lebih dulu berpulang karena sakit. "Lalu digantikan oleh Pak Yusuf. Pak Yusuf ini paling lama jadi tukang cukur Gus Dur," tuturnya.

Sejak pertama kali datang, Tarwiyah dan karyawannya tak ada yang mengenali jika pelanggannya itu Gus Dur. Belakangan baru diketahui dari salah seorang pelanggan lain yang datang ke Barbershop Internasional dan memanggil Gus Dur dengan panggilan kiai.

"Kita semua gak tau Gus Dur itu siapa, malah kita tahu dari orang yang lagi cukur manggil Beliau dengan sebutan Kiai,"katanya.

Di Barbershop Internasional, Gus Dur memiliki tempat favorit. Saban datang buat potong rambut, Gus Dur memilih kursi tengah.

Sebelum dicukur biasanya mantan Presiden ke empat republik ini, lebih suka di keramas terlebih dahulu sambil dipijat kepalanya. Saking enaknya, Gus Dur justru sering tertidur saat sedang dicukur.

Jika sedang malas buat datang ke Barbershop International, Gus Dur biasanya memanggil Yusuf atau Tarwiyah ke kantor PBNU untuk memangkas rambutnya. Jika di kantor PBNU, Gus Dur paling suka cukur di dalam kamar mandi.

"Saat dipangkas rambutnya, beliau sering ngantuk dan tidur. Biasanya saya yang pegangin kepalanya, pak Yusuf terus mencukur," jelasnya.

Soal cukuran rambut, Gus Dur termasuk orang yang tidak neko-neko. Biasanya Gus Dur meminta untuk dirapikan rambut bagian belakang atau depan.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini