Gempa Sering Melanda, BMKG: Indonesia Berada di Zona Tumbukan Lempeng Tektonik

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 14 Mei 2021 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 337 2410264 gempa-sering-melanda-bmkg-indonesia-berada-di-zona-tumbukan-lempeng-tektonik-QzsJJZ3bde.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut Indonesia berada di zona tumbukan lempeng tektonik sehingga gempabumi sering melanda.

“Jadi pada prinsipnya di Indonesia karena merupakan zona tumbukan lempeng-lempeng tektonik,” ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (14/5/2021).

Dwikorita mengatakan wilayah kepulauan Indonesia ini banyak terpotong-potong oleh patahan-patahan ataupun juga adanya zona tumbukan lempeng yang memanjang dari wilayah sebelah barat Pulau Sumatera memanjang terus ke tenggara. Kemudian membelok ke timur ke selatan Jawa sampai Nusa Tenggara. Dan juga ada tumbukan lempeng yang di sebelah utara Papua dan kepulauan Halmahera sampai ke Manado.

“Artinya wilayah kita memang banyak sekali mengalami pergerakan-pergerakan akibat pergerakan lempeng tersebut,” paparnya.

Namun, kata Dwikorita, kejadian gempa satu dengan yang lainnya tidak selalu berkaitan. “Kejadian antara gempa yang satu dengan yang lain itu tidak, tidak selalu saling berkaitan. Misalnya kejadian gempa di Selatan Jawa tidak harus berkaitan dengan gempa yang ada di wilayah barat Sumatera, karena sistemnya juga berbeda,” katanya.

“Demikian pula halnya gempa-gempa yang terjadi di sebelah barat kepulauan Mentawai, kebetulan sistemnya tidak sama persis dengan yang terjadi hari ini. Meskipun sama-sama di sebelah di sebelah barat wilayah Sumatera,” papar Dwikorita,

Jadi, tegas Dwikorita, bisa aja terjadi berapa gempa tidak harus saling sebab akibat. “Tidak. Dan kebetulan yang baru saja terjadi ini juga dari analisis BMKG tidak terkait dengan kejadian gempa yang sebelumnya. Jadi bukan bagian dari gempa susulan yang sebelumnya. Mudahnya singkatnya semacam itu.”

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini