Halal Bihalal Virtual, Mahfud MD: Lebaran Berjalan Lancar

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 14 Mei 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 337 2410256 halal-bihalal-virtual-mahfud-md-lebaran-berjalan-lancar-Ozpz9En3T6.jpg Menko Polhukam Mahfud MD. (Dok Kemenko Polhukam)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, memastikan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah terlaksana dengan khusuk dan aman, di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Kepastian itu didapatkan Mahfud melalui berbagai laporan situasi pelaksanaan Lebaran oleh kementerian atau lembaga bidang Polhukam dan Duta Bersar LBBP dalam Halal Bihalal virtual Kemenko Polhukam, Jumat (14/5/2021).

Halal Bihalal yang berlangsung 1,5 jam ini berjalan hangat dan penuh keakraban. Mahfud yang didampingi istri menyatakan permohonan maaf lahir batin dan memberikan apresiasi kepada kementerian atau lembaga serta petugas lapangan yang bekerja maksimal mengawal pelaksanaan lebaran dalam situasi pandemi.

"Kalau misalnya saya punya salah saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Lebaran adalah budaya Islam Indonesia dan bukan ajaran Islam premier. Tapi, dalam Islam jika ada adat istiadat dan budaya yang baik dikembangkan maka berpahala," tutur Mhfud melalui keterangan tertulis, Jumat (14/5/2021).

Dia menjelaskan budaya lebaran ini dalilnya berkaitan dengan silaturahmi dan saling memaafkan. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini haruslah dilakukan.

"Karena apa? Karena budaya ini dari dalil tentang silaturrahim dalil tentang saling memaafkan, dalam Islam silaturrahim harus dilakukan," ujarnya.

Selain meminta laporan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri kepada kementerian atau lembaga bidang Polhukam, Mahfud juga melibatkan petugas lapangan di wilayah Indonesia Timur yang diwakili Dandim 1710/Mimika. Sedangkan petugas lapangan wilayah Indoensia Barat sekaligus wilayah perbatasan diwakili Kapolres Natuna.

Baca Juga : Kerap Di-Bully Netizen, Mahfud MD: Saya Berusaha Beri Contoh Menjadi Pejabat Bersih

Acara Halal Bihalal ini turut dihadiri oleh Menteri Luar Negeri, Menteri Komunikasi dan Informatika, Jaksa Agung, Kepala BIN, Kepala BNPT, Kasum TNI hingga Dubes LBBP untuk Republik Arab Mesir, Dubes LBBP untuk Kerajaan Denmark.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini