BMKG Perkirakan Gempa Susulan Masih Terus Terjadi di Nias Barat, Masyarakat Diimbau Waspada

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 14 Mei 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 337 2410230 bmkg-perkirakan-gempa-susulan-masih-terus-terjadi-di-nias-barat-masyarakat-diimbau-waspada-6S7DC0WmKM.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Kepala Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan, pihaknya memperkirakan gempa susulan akan terus terjadi usai gempa magnitudo 6,7 di Nias Barat, Sumatera Utara (Sumut).

“Saya mohon karena gempa-gempa susulan diperkirakan masih akan terus terjadi. Jadi saya mohon gempa-gempa susulan diperkirakan masih akan terus terjadi,” tegas Dwikorita saat konferensi pers secara virtual, Jumat (14/5/2021).

Oleh karena itu, Dwikorita meminta agar masyarakat terdampak menghindari bangunan yang retak akibat gempa.

“Kami mengimbau masyarakat di wilayah terdampak menghindari bangunan yang sudah retak diakibatkan gempa. Meskipun dengan tetap tenang tidak terpengaruh isu yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

“Kemudian kami imbau pula agar segera diperiksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda, apakah cukup kuat atau cukup tahan terhadap gempa bumi. Ataupun mohon pastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum bapak ibu semua kembali ke rumah masing-masing lagi. Sekali lagi, mohon pastikan bangunan tempat tinggal Bapak Ibu masih cukup kuat, cukup aman cukup stabil,” tutur Dwikorita.

Baca Juga : BMKG Mutakhirkan Gempa Nias Barat Jadi Magnitudo 6,7

Apabila terjadi gempa gempa susulan, Dwikorita meminta sebelum kembali ke rumah masing-masing, perlu pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG.

Dwikorita pun memastikan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

“Dari hasil penelitian yang dilakukan BMKG dapat diketahui gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Saya ulangi gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami,” tuturnya.

Baca Juga : BMKG : 9 Gempa Susulan Guncang Nias Sumut

“Oleh karena itu kami rekomendasikan kepada masyarakat diimbau tetap tenang tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini