Mulai Besok, Random Tes Covid-19 Pemudik Arus Balik Digelar, Berikut Lokasinya

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 14 Mei 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 337 2410213 mulai-besok-random-tes-covid-19-pemudik-arus-balik-digelar-berikut-lokasinya-S3eueVdhYz.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Mulai besok, pemerintah menggelar random testing kepada pengguna angkutan jalan kendaraan pribadi dan kendaraan angkutan baik di jalan tol, jalan arteri hingga ke jalan-jalan terkecil di pemukiman penduduk pasca lebaran. Hal ini mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Bahkan, hal ini juga diperkuat dengan surat No. 46/05 Tahun 2021 tentang Antisipasi Perjalanan Masyarakat Pada Arus Balik Idul Fitri 2021 yang ditandatangani Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

“Kita melaksanakan mulai besok. Dan kemudian nanti malam diharapkan sudah mulai loading semua perlengkapan SDM dan sebagainya. Kami menyampaikan beberapa lokasi yang nanti kita harapkan segera tindak lanjuti, kalau memang itu feasible untuk dijadikan sebagai tempat pemeriksaan. Dan ini sudah kami koordinasikan dengan pihak Jasa Marga maupun dengan pihak terkait terutama Dirlantas Polda Jabar,” ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam rapat koordinasi bersama Satgas Covid-19 secara virtual, Jumat (14/5/2021).

Budi menegaskan bahwa random tes ini dilakukan untuk semua kendaraan pribadi yang mengarah ke Jakarta, Bogor, Tangerang, juga Bekasi. “Untuk kendaraan pribadi dari arah semua arah yang ke arah Jabotabek walaupun sifatnya adalah random sampling. Namun demikian kita harapkan mayoritas jadi artinya pergerakan masyarakat itu kita upayakan sebetulnya dilakukan random sampling dengan rapid tes antigen.”

“Namun dengan keterbatasan alat tesnya, mungkin sebentar nanti sifatnya random sampling. Namun demikian sifatnya adalah kita pakai kita upayakan secara maksimal,” kata Budi.

Budi mengatakan random tes juga dilakukan untuk sepeda motor. “Untuk sepeda motor juga demikian sama saja, dari semua akan baik jalan nasional yang dari Karawang ke Bekasi, kemudian dari Puncak ke arah Bogor, termasuk juga dari arah Banten itu semua juga kita lakukan namun masih juga sifatnya random sampling,” katanya.

“Namun demikian kita harapkan semaksimal mungkin kita lakukan sepanjang ketersediaan alat tesnya mencukupi,” papar Budi.

Berikut ini lokasi random tes Covid-19:

Gerbang Tol Utama

- Gerbang Tol Cikampek Utama

- Gerbang Tol Kalihurip Utama

- Gerbang Tol Kalikangkung

- Gerbang Tol Warugunung

Lokasi Rest Area

Jakarta-Cikampek

- RA KM 62B

- RA KM 42B

Purbaleunyi

- RA KM 97B

- RA KM 125B

- RA KM 149B

Jagorawi

- RA KM 38B

Janger

- RA KM 14B

Semarang-Batang

- RA KM 360B

Solo-Ngawi

- RA KM 519 B

- RA KM 575B

Panmal

- RA KM 66B

Lokasi untuk Kendaraan Sepeda Motor

- Ruas Sukabumi-Cianjur

- UPPKB Balonggandu

- Pos Penyekatan Susukan

- Ruas Indramayu-Jatibarang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini