Humor Gus Dur, Kiai yang Lupa Nama Yayasannya

Doddy Handoko , Okezone · Kamis 13 Mei 2021 08:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 337 2409743 humor-gus-dur-kiai-yang-lupa-nama-yayasannya-XU935LsPkN.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dikenal memiliki selera humor yang tinggi. Humor-humor Gus Dur Cerdas namun bisa membuat yang membaca tertawa terpingkal-pingkal. Berikut cuplikan humor atau anekdot Gus Dur yang diambil dari situs NU.online dan buku Kumpulan Humor Gus Dur.

Di kalangan warga NU Jakarta, KH Abdul Razak Makmun dikenal sebagai kyai yang bijak, santun, dan berpandangan jauh ke depan.

Kalau berceramah biasanya ia tak lupa menyelipkan anjuran tentang pentingnya menuntut ilmu. Apapun tema ceramah yang dibawakan, pasti anjuran itu selalu meluncur dari mulutnya.

Tapi kata Gus Dur, ada hal yang agak lain ketika ia diundang ceramah di suatu masjid. Kali ini dia membawakan tema transmigrasi, yang saat itu memang menjadi program pemerintah.

Baca juga: Kisah Menegangkan Prabowo saat Dipanggil Gus Dur di Istana Raja Yordania

Dalam ceramahnya kali ini tak sedikitpun terdengar anjuran menuntut ilmu. Seluruh ceramah kyai Razak hanya berisi soal pentingnya orang mengikuti transmigrasi.

Ia pun rupanya sudah membentuk organisasi khusus untuk mendorong transmigrasi.“Ane udah bentuk satu yayasan untuk membantu pemerintah dalam soal transmigrasi ini,” ujarnya dalam dialek Betawi medok kepada peserta sebuah penataran mubaligh di Jakarta.

”Sayang ane kagak inget namenye. Maklum, panjang banget sih namenye,” Kamis (13/5/2021).

Baca juga: Humor Gus Dur: Harimau Berdoa Sebelum Makan

Gimana sih Pak Kyai ini, wong dia membentuk yayasan kok bisa lupa dengan nama yayasannya sendiri, kata peserta penataran sambil tertawa geli.

“Ente semue jangan pade ketawe dulu. Pikir mateng-mateng pesen ane, ini. Diskusiin biar lame. Tanggung deh ente semue nanti lebih kebakar dari ane sekarang,” lanjut Kyai Razak.

“Dua puluh taon lagi tanggung deh ente semue bakal bilang,’kyai Razak orangnye jempol. Sekarang sih emang belon ketauan!”

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini