Menkes Sebut Pandemi Paling Cepat Selesai 2 Tahun

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 12 Mei 2021 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 337 2409376 menkes-sebut-pandemi-paling-cepat-selesai-2-tahun-c25YafPfWG.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan sejarah pandemi di dunia paling cepat bisa selesai dalam waktu dua tahun. Namun, ada juga yang hingga saat ini belum hilang seperti Polio.

“Pandemi ini terjadi di dunia sudah beberapa kali. Semua pandemi tujuan utamanya atau target operasi mengatasinya satu. Kita enggak bisa langsung menghilangkan pandemi itu ada yang paling cepat mungkin dua tahun baru selesai, ada yang 5 tahun, 10 tahun, 30 tahun. Ada sampai sekarang kayak Polio juga belum hilang,” ungkap Budi Gunadi dalam rapat koordinasi secara virtual, Selasa 11 Mei 2021, malam.

Untuk mengatasi pandemi Covid-19 saat ini, jika menjalankan strategi dengan benar, maka bisa segera berakhir. “Saya ingin sampaikan ke teman-teman, bahwa selama kita menjalankan strategi mengatasi pandemi ini dengan benar, enggak usah khawatir. Harusnya kita bisa,” tuturnya.

Budi Gunadi mengatakan target dalam mengatasi pandemi Covid-19 adalah mengurangi laju penularan. “Agar rumah sakit kita atau sistem kesehatan kita bisa menampung merawat orang yang tertular, itu aja. Kita harus mengurangi laju penularan agar jumlah orang yang perlu dirawat itu bisa tercover dengan Rumah Sakit,” kata dia.

Baca Juga : Ini Panduan Sholat Ied Agar Tetap Khusuk dan Aman dari Covid-19

“Itung-itungan untuk Covid-19 ini, dari 100 yang kena, yang butuh rumah sakit 20%. Artinya yang 80% itu seharusnya ditaruh di di rumah isolasi, nah ini akan sembuh,” imbuhnya.

Pasalnya, kata dia, virus Covid-19 ini tidak sefatal virus lain seperti HIV atau MERS. “Fatality rate-nya tidak setinggi mereka. Jadi asal bisa teridentifikasi cepat dan dirawat dengan cepat, Insyaallah seharusnya sembuh dengan cepat,” katanya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini