Share

Tiadakan Sholat Idul Fitri, Begini Penjelasan Imam Besar Masjid Istiqlal

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 11 Mei 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 337 2409076 tiadakan-sholat-idul-fitri-begini-penjelasan-imam-besar-masjid-istiqlal-28gGLYrK9u.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Masjid Istiqlal Jakarta batal menggelar shalat Idul Fitri 1442 hijriah. Imam Besar Istiqlal, Nasaruddin Umar mengingat kasus pandemi Covid-19 belum usai maka dari itu Masjid Istiqlal kita tutup untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri.

"Setelah kami menganalisis perkembangan di internal dan eksternal Istiqlal, maka kami memutuskan di dalam pertemuan rapat kami tadi. Istiqlal kita tutup untuk tidak menyelenggarakan Idul Fitri," tutur Nasaruddin dalam jumpa pers di pintu VVIP Al-Malik Masjid Istiqlal, Selasa (11/5/2021).

Nasaruddin mempertimbangkan banyak hal untuk menggelar shalat Idul Fitri. Adapun yang pertama mengingat perkembangan kasus Covid-19 yang belum menunjukkan tanda yang lebih baik.

"Kita awalnya diberikan kesempatan untuk membuka 10 persen terakhir ya. Tetapi 10 persen dari 250 ribu itu, itu sama dengan berapa. Itu juga pasti kita akan berjumpa di satu titik temu, misalnya di pintu tempat masuk, penitipan sandal," jelasnya.

Sementara itu, halaman utama masjid Istiqlal itu di lantai 2. Tentunya akan melewati tangga yang sama baik kedatangan dan kepulangannya.

"Kemudian juga setelah kami melakukan simulasi, kira-kira mengantisipasi perkembangan yang akan terjadi, maka kami menyimpulkan bahwa Istiqlal kita seperti tahun lalu, belum dibuka untuk salat Idul Fitri," tambahnya.

Nasaruddin meminta maaf kepada segenap jemaah dan saudara, Simpatisan, pecinta Masjid Istiqlal karena belum bisa membuka kembali terkait shalat Idul Fitri di Istiqlal. Ia berharap Idul Adha nanti keadaan mulai membaik dan akan kembali dibuka untuk umum.

"Mudah-mudahan insyaallah Idul Adha nanti keadaan sudah lebih baik, maka kita akan buka untuk umum. Saya tahu sudah banyak sekali yang merindukan masjid Istiqlal yang sudah indah dan cantik seperti ini, tetapi kondisi kita tidak memungkinkan untuk membuka, terbuka, melaksanakan Idul Fitri ini," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini