Cerita Tengku Zulkarnain saat Gus Dur Dipaksa Zionis Israel Buka Hubungan Diplomatik

Fahmi Firdaus , Okezone · Selasa 11 Mei 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 337 2409032 cerita-tengku-zulkarnain-saat-gus-dur-dipaksa-israel-buka-hubungan-diplomatik-v1A1dpts9x.jpg foto: ist

JAKARTA - Mantan Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustadz Tengku Zulkarnain menghembuskan nafasnya yang terakhir dalam keadaan positif terinfeksi Covid-19 di Rumah Sakit Tabrani, Pekanbaru, Senin 10 Mei 2021.

(Baca juga: Breaking News! Ustadz Tengku Zulkarnain Meninggal Dunia Terpapar Covid-19)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini mempunyai kenangan tersendiri terhadap ulama kelahiran Medan, Sumatera Utara tersebut.

(Baca juga: Dramatis! Pelaku Pembakaran Wanita Cantik Ditangkap di Hutan Ciwidey)

Helmy pun memposting video Tengku Zulkarnain di akun Instagram miliknya. Tengku Zul kala itu berceramah soal mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang ingin menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Padahal, sejak Israel memproklamasikan kemerdekaannya pada tahun 1948, Indonesia tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

“Saya dan Gus Dur itu dekat. Kalau dia dapat dana betul. Untuk hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel. Tapi sampai wafat itu dia gak buat. Itu cerdasnya Gus Dur. Dia menolaknya halus,”ujar Tengku Zul dalam tayangan video, dikutip, Selasa (11/5/2021).

“Dia bilang ditanya bisa membuat hubungan diplomatik dengan Israel dia bilangnya bisa, bisa, tapi dia gak buat. Bisa.. tapi sulit kata Gus Dur, membutuhkan waktu yang lama,”sambungnya.

Bahkan kala itu, pihak Israel memaksanya segera untuk meresmikan hubungan diplomatik dengan Israel. Gus Dur pun mengumumkan hubungan diplomatik dengan Israel di media massa. Akibatnya, langsung mendapat reaksi keras di masyarakat. Gus Dur pun memberitahu penolakan masyarakat tersebut ke pihak Israel.

“Yaudah kita mulai aja tapi gak pernah dimulai dan tidak pernah terjadi. Akhirnya Israel diam, sampai sekarang belum ada hubungan diplomatik,” tutup Tengku Zul.

Sekadar diketahui, Ustadz Tengku Zulkarnain meninggal dunia di umur 57 tahun, setelah menjalani perawatan akibat terpapar Covid-19. Dia sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Tabrani, Kota Pekanbaru, Riau.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini