Melihat Konsistensi Tengku Zulkarnain yang Telah Berdakwah di Lebih dari 20 Negara

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 11 Mei 2021 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 337 2408849 melihat-konsistensi-tengku-zulkarnain-yang-telah-berdakwah-di-lebih-dari-20-negara-wfjkndbzva.jpg Ustad Tengku Zulkairnain (foto: ist)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menyebut Ustadz Tengku Zulkarnain adalah ulama yang konsisten di jalur dakwah. Menurut Anwar, Tengku Zul sudah berdakwah ke lebih dari 20 negara di dunia semasa hidupnya.

Anwar yang juga Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini terkejut atas wafatnya Tengku Zul. Pasalnya, pada 5 Mei 2021 lalu ia masih sempat melakukan komunikasi via WhatsApp. Namun tak dinyana, kini ia sudah berpulang ke Rahmatullah akibat Covid-19.

"Di mata saya Ustadz Tengku Zulkarnain adalah seorang ulama, dai atau ustaz yang baik dan konsisten di jalur dakwah," kata Anwar melalui keterangan tertulisnya, Selasa (11/5/2021).

Baca juga:  Selama Dirawat, Ustadz Tengku Zulkarnain Kerap Disemangati UAS dan Gubernur Edy

Anwar berujar, pilihan hidup Tengku Zul menjadi pendakwah adalah hal yang tidak terbayangkan. Musababnya, ketika masih muda, Tengku Zul merupakan penyanyi dan pandai bermain musik.

"Tapi karena ketertarikan beliau dengan dunia dakwah maka dunia seni dan tarik suara tersebut boleh dikatakan beliau tinggalkan. Lalu beliau menempa diri dalam bidang keagamaan dan berdakwah ke mana-mana," ungkap Anwar.

Baca juga:  Cerita Anwar Abbas tentang Sosok Tengku Zulkarnain yang Bikin Kagum

Anwar melihat Tengku Zul memiliki konsistensi di jalur dakwah. Tak hanya di perkotaan, Tengku Zul disebut telah menjalankan tugasnya di pelosok negeri sekalipun itu daerah terasing dan harus ditempuh dengan medan yang berat.

"Menghadapi medan yang berat dan tidak mudah seperti jalan yang jelek atau gelombang laut yang besar karena harus berdakwah ke pulau-pulau," tuturnya.

"Bahkan di samping itu beliau juga sering berdakwah ke berbagai negara. Saya rasa sudah lebih 20 negara yang beliau kunjungi untuk kepentingan dakwah," tambah Anwar.

Baginya, Tengku Zul adalah seorang ulama yang gaya bicaranya blak-blakan dan apa adanya. Oleh karena itu banyak orang yang senang tapi juga banyak orang yang tidak suka.

Anwar kerap berbicang dengan Tengku Zul ketika dia masih duduk di MUI. Perbincangan menyangkut berbagai masalah yang terkait dengan kehidupan sosial, ekonomi, agama dan politik di negeri ini serta juga perjuangan hidup.

"Beliau dalam kesimpulan saya adalah seorang anak yang sangat-sangat sayang dan patuh sekali kepada ibu atau orang tuanya. Oleh karena itu dalam kesimpulan saya pak Tengku zulkarnain ini adalah orang baik," imbuh Anwar.

Kepergian Tengku Zul telah membuat banyak orang bersedih karena merasa kehilangan sosok ulama yany mereka sayangi dan kagumi. Tetapi untuk diri Tengku Zul sendiri, ia merasa kepergian ini akan sangat menguntungkan karena Tengku Zul meninggal di hari mendekati usainya bulan suci ramadhan dan meninggal karena wabah Covid-19.

"Nabi Muhammad SAW mengatakan barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadan dan menegakkan serta mengisi malamnya dengan penuh keimanan dan keikhlasan maka dosa-dosanya yang terdahulu kata Nabi akan diampuni oleh Allah SWT. Dan juga Nabi berkata barangsiapa yang meninggal karena wabah maka matinya kata Nabi adalah masuk ke dalam kategori mati syahid," tuturnya

"Jadi dalam kesimpulan saya beliau kembali menghadap Allah SWT dalam keadaan bersih dari dosa, dan kematian yang beliau alami jelas-jelas masuk ke dalam kategori mati yang sangat-sangat dihormati dan dimuliakan oleh Allah SWT. Jadi Insya Allah dengan terjadinya peristiwa ini pada diri beliau, beliau kembali menghadap Allah SWT dalam keadaan suci dari dosa," pungkas Anwar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini