Dilarang Mudik, Satgas : Pengguna KA Turun Drastis

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 10 Mei 2021 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 337 2408251 dilarang-mudik-satgas-pengguna-ka-turun-drastis-6EGxU7Grki.jpeg Ilustrasi (PT KAI)

JAKARTA - Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengatakan, pada saat pelarangan mudik diberlakukan mulai 6 Mei 2021, mobilitas orang menggunakan kereta api (KA) menurun drastis.

“Kita juga melihat pergerakan orang yang menggunakan transportasi publik satunya adalah kereta api, di mana kalau kita lihat pada saat penetapan larangan mudik diberlakukan pada 6 Mei 2021, memang seluruh mobilitas terlihat sangat turun atau drop di semua daerah Jawa Tengah, Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Timur,” ucap Dewi saat Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, Minggu (9/5/2021).

Namun, kata Dewi, ketika masih pada periode prakondisi atau tiga hari menuju pelarangan mudik terlihat kenaikan pergerakan orang dengan menggunakan KA.

“Kita lihat grafik di sini pada masa pra kondisi larangan mudik dalam beberapa hari terakhir terutama 3 hari menuju larangan mudik diterapkan terjadi kenaikan jumlah orang yang bepergian menggunakan kereta api, tandanya mobilitas mulai terjadi di sini,” ucap Dewi.

Ia mengatakan, keberangkatan tertinggi yakni di Jawa Tengah dengan 62.156 penumpang. “Jadi kalau kita lihat memang Jawa Tengah memiliki total keberangkatan paling tinggi sekitar 62.163 penumpang. Diikuti DKI Jakarta sekitar 36.373 penumpang,” katanya.

Bahkan, tren kenaikan mobilitas dengan menggunakan KA semakin tinggi pada tiga hari menjelang pelarangan mudik. “Trennya semua hampir sama di Jakarta tiga hari terakhir, keberangkatan semakin tinggi pada saat sebelum larangan mudik diterapkan.”

Baca Juga : 14.751 Penumpang Pergi ke Luar Kota di Hari Ketiga Larangan Mudik

“Jawa Tengah ini 4 hari terakhir, kemudian di Jawa Timur ini sama 3 hari terakhir juga meningkat di angka 20.169 keberangkatan. Dan di Yogyakarta kita juga melihat ada tren kenaikan pada saat pelarangan atau masa pra kondisi dilakukan,” kata Dewi.

Baca Juga : 4 Hari Larangan Mudik, Polda Metro Putarbalikkan 7.525 Motor dan 4.510 Mobil

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini