Humor Gus Dur, Rencana Beli Pesawat yang Bikin Pusing Menteri

Doddy Handoko , Okezone · Senin 10 Mei 2021 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 337 2408199 humor-gus-dur-rencana-beli-pesawat-yang-bikin-pusing-menteri-G8KTwGZu5W.jpg Presiden ke-4 RI, Abdurahman Wahid (foto: istimewa)

JAKARTA - Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dikenal memiliki selera humor yang tinggi. Humor-humor Gus Dur cerdas namun bisa membuat yang membaca tertawa terpingkal-pingkal. Berikut cuplikan humor atau anekdot Gus Dur yang diambil dari situs NU.online dan buku Kumpulan Humor Gus Dur.

Dalam kunjungannya ke Amerika Serikat dulu, pertengahan tahun 2000, Gus Dur bertemu dengan eksekutif puncak Boeing, industri pusat raksasa pesawat terbang. Orang bertanya-tanya, apa pula urusannya Gus Dur dengan pembuat pesawat itu? Memangnya dia ahli pesawat terbang seperti Habibie?

Baca juga: SE Kemenag : Lansia Diimbau Tak Sholat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan

Akhirnya kepala protokol Istana Presiden Wahyu Muryadi mengungkapkan, maksud pertemuan itu, Gus Dur mau beli pesawat kepresidenan, yang selama ini memang tidak pernah dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

Kebiasaan Gus Dur tetap ampuh, bikin pernyataan kontroversial di luar negeri, dan menimbulkan reaksi di dalam negeri.

Baca juga:  Viral Ajakan Mudik, Kini Pelaku Ditangkap Polisi

Pers Indonesia sibuk mengusut rencana pembelian pesawat yang waktunya dirasa tidak tepat itu. Krisis ekonomi saja sama sekali terlihat belum diatasi, lha kok Presiden RI mau punya pesawat pribadi?

“Perlu dong,” kata Humas Istana, Wahyu Muryadi sambil membandingkan dengan Presiden Amerika serikat, yang sudah lama memiliki air force one yang mewah itu.

Dari mana uang puluhan juta dollar untuk membeli pesawat itu?

Menko Rizal Ramli, yang bekas aktivis dan pengamat ekonomi yang kritis malah bilang siap melaksanakan dan uang untuk pembelian pesawat sudah ada.

Apa ini bukan pemborosan uang negara? Apa memang ada “uang nganggur” di laci pemerintah? Apa Rizal Ramli ingin cari muka kepada bosnya? Mendengar sikap siap Rizal Ramli, kritik publik kian gencar.

Sampai Gus Dur sendiri kembali ke Jakarta.

Wartawan bertanya, ”Gus, mengapa anda merasa perlu membeli pesawat Boeing itu?”

Jawab Gus Dur; “Lho, siapa yang mau beli pesawat?”

Wahyu Muryadi dan Rizal Ramli kali ini yang pusing. Sudah sibuk membela rencana Gus Dur, eh yang dibela malah membantahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini