Kronologi Penangkapan Viktor Yeimo Dalang Kerusuhan Papua 2019

Tim Okezone, Okezone · Minggu 09 Mei 2021 23:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 09 337 2408133 kronologi-penangkapan-viktor-yeimo-dalang-kerusuhan-papua-2019-b4WyKTVsS5.jpg Viktor Yeimo (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Viktor Yeimo, tersangka kasus rasisme yang berujung kerusuhan di wilayah Papua ditangkap aparat. Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Pol M Iqbal Al Qudussy mengatakan, tersangka Viktor Yeimo saat ini dalam pemeriksaan di Mapolda Jayapura pada Minggu (9/5/2021).

Berdasar informasi yang dihimpun, kronologi penangkapan bermula saat Viktor diketahui menggunakan nomor handphone baru guna mengelabui pantauan petugas. Namun, setelah dilakukan penyelidikan dan analisa, diperoleh nomor kontak Viktor yang terbaru sebanyak 3 buah.

Hasil analisa tersebut kemudian diberikan kepada tim lapangan yang kemudian ditindaklanjuti.

Lalu, pada hari ini sekira pukul 19.00 WIT, tim melaksanakan giat pemburuan terhadap target Viktor Yiemo ke arah Tanah Hitam. Saat berada di depan dealer Daihatsu Tanah Hitam, tim lakukan observasi untuk memastikan kebenaran target adalah Victor Yeimo.

Setelah dapat dipastikan, selanjutnya tim langsung melakukan penangkapan yang saat itu target sedang berbelanja di sebuah kios.

Selanjutnya, tim bergeser ke Polda Papua dan membawa target Viktor Yeimo untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sekadar diketahui, pada pertengahan Agustus 2019 hingga akhir September 2019 rentetan kerusuhan pecah di Bumi Cenderawasih.

Baca Juga : Tangan Terikat, Ini Penampakan Viktor Yeimo Dalang Kerusuhan Papua Berdarah

Kerusuhan pertama kali terjadi di Manokwari, Papua Barat, pada 19 Agustus 2019. Aksi unjuk rasa yang semula damai berubah anarkis.

Kerusuhan berikutnya pecah di kota-kota lain seperti Sorong, Fakfak, Timika, Deiyai dan Jayapura. Kemudian pada September, kerusuhan kembali terjadi di Jayapura dan Wamena. Pemicu kerusuhan di Tanah Papua karena kasus rasial dan hoaks yang memicu unjuk rasa besar-besaran di sana.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini