BKN Sebut Tes Pengalihan Pegawai Jadi ASN Baru Pertama Kali di KPK

Dita Angga R, Sindonews · Minggu 09 Mei 2021 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 09 337 2408029 bkn-sebut-tes-pengalihan-pegawai-jadi-asn-baru-pertama-kali-di-kpk-GT3l7cIh7h.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan bahwa proses pengalihan status pegawai sebuah lembaga menjadi aparatur sipil negara (ASN) pertama kali dilakukan untuk pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Revisi UU KPK mengharuskan semua pegawai lembaga antirasuah berstatus ASN. “Untuk pertama kali pengalihan iya (KPK). Kan belum ada komisi lain yang melakukan pengalihan pegawai menjadi ASN,” katanya saat dihubungi, Minggu (9/5/2021).

Dia menerankan bahwa sebelumnya pegawai KPK bukanlah ASN. “Kalau KPK ini kan didahului ada komisi dulu lalu berubah UU-nya. Yang tadinya itu di dalamnya bukan ASN lalu menjadi ASN. Jadi sudah ada lembaganya, sudah ada orangnya kemudian terjadi perubahan. Dan sehingga menyebabkan statusnya dialihkan menjadi ASN,” paparnya.

Baca juga: BKN Bakal Evaluasi Seleksi CPNS, Ada Apa?

Menurut dia, lembaga-lembaga berupa komisi lainnya memiliki sistem kepegawaian yang berbeda. Ada komisi yang sejak awal berdiri langsung diisi oleh ASN.

“Coba dilihat UU-nya dari masing-masing komisi itu. Apakah isinya PNS atau bukan. Ada yang diisi PNS, ada juga non PNS,” ujarnya.

Baca juga: Begini Tahapan Tes Pengalihan Pegawai KPK Jadi ASN

Dia pun tak mengetahui secara rinci lembaga mana saja yang pegawainya bukan dari non-PNS seperti KPK. “Saya juga belum tidak hafal komisi yang isinya bukan PNS,” pungkasnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini