Soal Hasil Tes Pegawai KPK, Tjahjo Kumolo Tepis Tudingan Lempar Tanggung Jawab

Haryudi, Koran SI · Sabtu 08 Mei 2021 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 337 2407795 soal-hasil-tes-pegawai-kpk-tjahjo-kumolo-tepis-tudingan-lempar-tanggung-jawab-xNzHEQJ7d4.jpeg Menpan RB Tjahjo Kumolo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo menepis tudingan dirinya dan Komisi Pemberantak Korupsi (KPK) saling lempar tanggung jawab terkait polemik hasil tes ASN pegawai KPK.

"Tidak ada lempar tanggung jawab. Dasarnya jelas. Mohon baca peraturan komisioner (Perkom) KPK. Sudah benar pernyataan dari MenPANRB dan Ketua KPK saat konferensi pers," ungkapnya dalam postingan akun Twitternya @tjahjo_kumolo pada Sabtu (8/5/2021).

Baca Juga:  BKN Tegaskan Tes Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK Beda dengan CPNS

Tak hanya itu, menurut Tjahjo KPK memutuskan status 75 orang yang tidak memenuhi syarat (TMS), kemudian untuk ditindaklanjuti proses administrasinya, baik memenuhi yarat maupun tidak memenuhi syarat.

"Sebagaimana Perkom KPK dimaksud, maka yang mengumumkan hasil tes adalah KPK dan sudah benar pernytaan pers oleh Ketua KPK. Dengan dasar yang jelas Perkom KPK tersebut, keputusan selanjutnya ada di KPK karena ini masalah intern KPK," tegasnya.

Baca Juga:  Direktur KPK Tahu soal Polemik Pertanyaan Tes Wawasan Kebangsaan

Seperti diketahui, KPK masih belum memberikan keputusan terkait nasib 75 pegawai yang tidak memenuhi syarat tes wawasan kebangsaan (TWK).

Dalam konferensi persnya yang digelar KPK pada Rabu 5 Mei 2021, Sekretaris Jenderal KPK Cahya Harefa meyebutkan pihaknya menunggu hasil penjelasan Kemenpan-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait nasib 75 pegawainya tersebut.

Dari 1.351 pegawai KPK yang mengikuti tes diketahui ada 75 orang yang dianggap tidak memenuhi syarat dalam TWK untuk menjadi ASN.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini