PPP: Aneh, Mudik Dilarang tapi WN China Masuk RI

Rakhmatulloh, Sindonews · Sabtu 08 Mei 2021 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 337 2407736 ppp-aneh-mudik-dilarang-tapi-wn-china-masuk-ri-rVClIcZqhh.jpg Sekretaris PPP Ahmad Baidowi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kedatangan warga negara (WN) China ke Indonesia menuai polemik. Di mana, kedatangan mereka di saat Indonesia sedang berupaya keluar dari ancaman Covid-19. 

Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPR RI, Ahmad Baidowi pun menyayangkan adanya kedatangan WNA China ke wilayah Indonesia menggunakan Pesawat Charter.

"Masuknya WNA China tersebut meskipun dengan dalih proyek strategis dengan dokumen resmi tetap menimbulkan pertanyaan publik," kata Baidowi kepada wartawan, Sabtu (8/5/2021).

Baca Juga: Dirjen Imigrasi Sebut 85 WN China Masuk Indonesia Bukan untuk Wisata, tapi...

Pada sisi lain, pria yang akrab disapa Awiek ini menyebut padahal pemerintah melarang kegiatan mudik Idul Fitri untuk membatasi pergerakan manusia agar bisa mencegah penularan Covid-19. Anehnya, justru WN China yang di negaranya menjadi sumber penyebaran Covid-19 justru boleh datang ke Indonesia

Atas dasar itu, kata Awiek, maka pihak terkait seperti Kemenlu, Kemenkumham dan Satgas Covid-19 harus berkoordinasi dengan baik untuk sementara waktu melakukan pencegahan terhadap WNA. Menurutnya, hal ini dilakukan agar tercipta keadilan perlakukan di saat masyarakat dilarang mudik.

"Jika alasannya WNA tersebut dalam kondisi sehat saat datang ke Indonesia. Bukankah warga yang mau mudik juga dalam keadaan sehat? Kesehatan masyarakat harus menjadi prioritas untuk menangani Covid-19, jika masyarakat sudah sehat maka pemulihan ekonomi akan segera tuntas," tutur Anggota Komisi VI DPR RI itu.

Baca Juga: WN China Tewas Tergantung dalam Apartemen di Palmerah Jakbar

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini