Polri Siapkan Perangkat Sidang Etik Terkait Brigjen Prasetijo Utomo

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 06 Mei 2021 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 337 2406636 polri-siapkan-perangkat-sidang-etik-terkait-brigjen-prasetijo-utomo-Rzk3n6QF7W.jpg Brigjen Prasetijo Utomo (foto: ist)

JAKARTA - Polri menyatakan sedang mempersiapkan perangkat sidang Komisi Kode Etik Profesi Polri (KKEP), terkait dengan nasib Brigjen Prasetijo Utomo usai menerima vonis Hakim dalam sidang kasus Djoko Tjandra.

"Sedang mempersiapkan perangkat sidang," kata Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo kepada wartawan di Jakarta, Kamis (6/5/2021).

Baca juga:  Kubu Irjen Napoleon Klaim Barbuk 20.000 Dolar AS Milik Istri Brigjen Prasetijo

Sambo menjelaskan, proses sidang itu masih dipersiapkan lantaran Propam perlu untuk mengecek ulang seluruh berkas dalam upaya penegakkan hukum terhadap Prasetijo.

Nantinya, kata dia, apabila sudah rampung maka gelaran sidang akan diajukan ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo selaku pucuk pimpinan Korps Bhayangkara.

 Baca juga: Pekan Depan, Polisi Periksa Djoko Tjandra dan Tomy Sumardi Terkait Red Notice

"Setiap anggota Polri yang melakukan tindak pidana pasti kita lanjut ke sidang etik," ujar Sambo.

Mantan Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri itu telah divonis pidana 3,5 tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider 6 bulan kurungan pada persidangan Rabu (10/3).

Majelis hakim Pengadilan Tipikor menyatakan Prasetijo terbukti menerima US$100 ribu dari Djoko Tjandra melalui Tommy Sumardi. Uang dimaksudkan untuk memuluskan proses pengecekan status red notice dan penghapusan Daftar Pencarian Orang (DPO) atas nama Djoko Tjandra.

Prasetijo mendapatkan vonis tersebut dalam kasus terkait pengecekan status red notice dan penghapusan Daftar Pencarian Orang (DPO) atas nama Djoko Tjandra.

Vonis hakim tersebut lebih berat daripada tuntutan jaksa penuntut umum yang menghukum Prasetijo dengan pidana 2,5 tahun penjara.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini